Tanya Dokter

  • Obat untuk menghilangkan bau mulut pada anak

  •  Desna
    Anggota
    Selamat siang dok..saya mw tanya.. Saya punya anak usia 3tahun 7bulan..dy tidak mau sikat gigi dok..dy jg belum bisa kumur.. Apa ada obat utk menghilangkan bau mulut n giginya..

    Halo Desna......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Pada dasarnya bau mulut yang terjadi pada anak Anda, dimana dalam bahasa medis disebut sebagai halitosis paling sering disebabkan karena kondisi kebersihan mulut yang tidak terjaga, terdapatnya gigi berlubang, atau terdapatnya gangguan kesehatan pada Gusi.

    Oleh karena itu untuk mengatasi hal ini, pada dasarnya harus dengan cara menjaga kebersihan gigi dan mulut, dan yang paling sederhana adalah menggosok gigi minimal dua kali sehari setelah makan dan sebelum tidur.

    Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar anak mau turut bekerjasama untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, di antaranya adalah :

    • Ajari anak menyikat gigi setidaknya dua kali sehari secara rutin dengan menggunakan pasta gigi khusus anak, dan sebaiknya tidak mengandung flouride jika anak belum dapat mengeluarkan / berkumur dengan baik.
    • Ajaklah anak membeli sikat gigi yang ia sukai, agar anak bersemangat untuk menyikat gigi.
    • Berikan air putih setelah anak mengonsumsi susu ataupun makanan yang manis.
    • Jika anak tidak mau menyikat gigi sendiri, Anda dapat membantu membersihkannya dengan memakai kain kasa yang dibasahi sedikit air hangat.
    • Batasi makanan yang berpotensi menyebabkan lubang di gigi seperti permen, eskrim, coklat, cake, dll.
    • Anda dapat mendongengkan anak atau bercerita mengenai menjaga kesehatan gigi. Saat ini banyak sekali buku cerita anak yang menulis mengenai hal ini.

     

    Jika setelah Anda melakukan cara - cara di atas, anak masih saja enggan untuk menyikat gigi dan memang masih sulit untuk berkumur, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter gigi dan mendiskusikan masalah ini, agar anak Anda dapat dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati