Tanya Dokter

  • Dampak apabila terjadi trauma pada penis

  • dok, saya mau bertanyya ,saat bermain-main tadi di sekolah temen saya,menendang penis saya,rasanya nyeri dok tetapi bola testis tidak pecah apakah masih normal dok? saya takut dengan kemandulan

    alodokter?? lama amat jawabnya??

    Hai Ahmad,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Trauma mekanik pada penis (misalnya karena ditendang) bisa memicu peradangan pada penis. Akibatnya, penis bisa terasa nyeri, bengkak, dan berwarna kemerahan. Selama nyerinya bersifat ringan saja, tidak disertai bengkak penis, penis bengkok, urin berdarah, atau gangguan ereksi, umumnya kondisi ini merupakan hal yang ringan dan tidak berbahaya.

    Yang dikhawatirkan dari trauma mekanik adalah kemungkinan timbulnya fraktura penis (patah penis). Kondisi ini umumnya terjadi jika benturan yang terjadi sangat keras dan melibatkan kecepatan. Gejalanya seringkali ditandai dengan nyeri penis yang sangat hebat dan tidak tertahankan, penis memar (bengkak dan berwarna kebiruan), kebas, dan gangguan ereksi. 

    Selain itu, beberapa kondisi berbahaya lainnya yang mungkin diakibatkan oleh trauma mekanik pada penis adalah robekan saluran kencing, amputasi penis, dan sebagainya. Tergantung dari keparahan dan penanganan yang dilakukan, kesemua kondisi ini bisa berpotensi menyebabkan kemandulan, bisa juga tidak.

    Karenanya, jika nyeri terasa cukup hebat, sebaiknya Anda memeriksakan langsung ke dokter guna dilakukan penanganan lebih lanjut ya.. Sebagai langkah awal, Anda bisa mengkonsumsi obat paracetamol untuk mengurangi nyeri di penis. Selain itu, hindari memijat penis yang bengkak, gunakan celana yang longgar dan berbahan lembut, jaga penis agar tetap bersih, serta hindari dulu hubungan seksual.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah