Tanya Dokter

  • Olahraga pada perokok

  • Permisi, yang ingin saya tanyakan "apa akibatnya jika perokok berat yang berumur 40th keatas, tiba - tiba dipaksa untuk berolahraga, apa itu baik?"
    Ahmad Afif Ridho  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Ahmad,

    Olahraga sangat baik untuk kesehatan, baik itu bagi perokok maupun bukan perokok. Namun demikian jika sebelumnya tidak pernah berolahraga, akan lebih baik jika perokok tersebut mulai berolahraga yang ringan terlebih dahulu, misalnya jalan santai, senam, bersepeda santai. Olahraga ringan bisa dilakukan 3-4x/minggu. Jangan lupa melakukan pemanasan sebelum olahraga dan lakukan stretching agar otot tidak "kaget" dan nyeri.

    Apabila sudah terbiasa, intensitas dan frekuensi olahraga bisa ditingkatkan lagi secara bertahap ya. Selain sangat baik bagi kesehatan, olahraga juga bisa membantu perokok untuk sedikit demi sedikit mengurangi keinginan merokok atau setidaknya mengurangi frekuensi dan jumlah rokok yang dikonsumsi setiap harinya.

    Bagi perokok yang usianya sudah lebih tua, akan lebih baik jika olahraga tidak terlalu dipaksakan untuk olahraga berat, tetapi sebaiknya selalu diberi support dan diingatkan untuk olahraga. Lebih bagus lagi jika ditemani atau berolahraga bersama. Jika olahraga dilakukan bersama, maka perokok akan semakin semangat untuk berolahraga.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Bahaya merokok
    Manfaat olahraga

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y