Tanya Dokter

  • apa saya terkena bipolar?

  •  Ucox Adi
    Anggota

    Saya ucok..umur 29 tahun...4 tahun yg lalu sy penguna obat terlarang ditempat hiburan malam..tepatnya di jakarta..kondisi sy skrg tdk seperti yg lain..menatap orang aku gak bisa..kayak orang ketakutan..tangan sy suka gemetar klw lg deket sama orang lain..pengen nya menyendiri..apakah sy bisa disembuhkan..sperti manusis normal.

    Dear Ucok, Gangguan bipolar adalah gangguan jiwa dimana terjadi episode manik dan depresi secara bergantian. Hal ini juga dapat dipicu oleh penggunaan obat-obatan terlarang (psikotropika). Gangguan bipolar hanya dapat didiagnosis jika minimal ada satu episode manik. Episode manik ditandai dengan energi yang terasa berlebihan, rasa senang yang berlebihan, kebutuhan tidur yang berkurang, ide yang meloncat-loncat dan sebagainya. Sedangkan untuk gangguan depresi, ada tiga gejala utama:

    1. mood murung
    2. hilangnya minat dan kegembiraan
    3. cepat merasa lelah ketika melakukan kegiatan yang wajar
    Gejala tersebut bisa disertai: sulit tidur dan ide atau percobaan bunuh diri. Gejala cemas atau ketakutan juga dapat menyertai gejala depresi. Saya menganjurkan Anda segera berkonsultasi dengan psikiater (dokter spesialis jiwa) agar keluhan Anda dapat didiagnosis dengan tepat untuk pengobatan yang tepat pula. Diagnosis tidak dapat ditegakkan hanya dengan sedikit keterangan yang Anda utarakan. Psikiater akan siap membantu Anda. Dan jangan merasa malu ketika berkonsultasi dengan psikiater. Psikiater tidak hanya untuk "orang orang gila" tetapi juga untuk "orang-orang normal" yang sedang mengalami gangguan.   Demikian penjelasan saya. Semoga bermanfaat. Salam, dr. Rony Wijaya