Tanya Dokter

  • Apakah anak usia 15 bulan boleh minum energen dan mengatasi sariawan

  •  dila nilawati
    Anggota
    Assalamualaikum selamat siang dok Anak saya kan usia 15 bulan,sekarang dia lagi sariawan nah gimna cara mengatasinya ya? Dan kalo saya kasih energen sereal boleh ga ya? Soalnya dia jdi susah makan.. Trimakash dok

    Halo,

    Sebaiknya Anda memberi bubur bayi/tim nasi buatan sendiri yang dilengkapi dengan lauk (ayam/daging sapi/ikan) yang dicincang halus, sayur sehingga mengandung gizi yang seimbang.

    Anak yang mengalami sariawan pasti susah mengunyah dan tidak enak makan, Anda dapat mencoba membuat makanan dengan tekstur lembut misal dengan mencincang, mengulek kasar makanan. Tetap berikan buah, boleh dihaluskan campur dengan susu/ASI. Namun hindari buah seperti jeruk dan tomat yang asam.

    Beri jus buah yang dibekukan untuk meredakan nyeri akibat sariawan. Hindari makanan atau minuman dalam kemasan yang mungkin mengandung bahan tambahan makanan yang dapat mengiritasi rongga mulut.

    Keluhan sariawan paling sering disebabkan kondisi yang ringan seperti seperti tidak sengaja tergigit, makan makanan terlalu panas/asam, pemakaian pasta gigi yang mengandung zat iritan, kondisi alergi, kekurangan jenis vitamin/mineral tertentu, tumbuh gigi atau kondisi yang lebih serius seperti infeksi virus dan infeksi jamur di mulut/Kandidiasis mulut

    Seharusnya sariawan dapat sembuh dengan sendirinya, bila penyebabnya bukan penyakit serius. Bila kondisi ini menetap selama lebih dari 2 minggu atau bila sariawan hilang timbul, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan Dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan medis yang lengkap dimulai dari tanya jawab medis yang mendetail mengenai keluhan bayi Anda, melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin akan merujuk pemeriksaan penunjang seperti tes darah, bila dicurigai terdapat penyakit yang lebih serius.

    Dokter akan memberikan penanganan sesuai penyebab dan diagnosis yang membuat bayi Anda mengalami sariawan yang berat.

    Anda dapat membaca mengenai sariawan dalam artikel Alodokter dengan klik di sini.

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

    Salam sehat, Dr Caecilia Haryu Aryapti.