Tanya Dokter

  • apa antibiotik sdh resisten??

  •  Relin Yesika
    Anggota

    Assalamualaikum dok.. Dok saya dulu prnah meminum antibiotik klindamisin untuk acne (pmkaiannya 1x1 kt dokterny) dan Saya lupa meminum ny pd hari kedua, namun pd hari ketiga (pas saya ingat) saya tetap minum 1 (tidak 2 tab, krn sya takut over dosis)pertnyaan saya apakah sy sudah resistensi trhdp antibiotik tsb dok? Jika kita lupa kyk gitu ap ug hrs dilakukan dok? Apakah hrs minum 2 (utk mnutup yg kita lupa kmren) trus pmkaiannya hrs dilanjutkan atau malah hrs diberhentikan???

    Relin Yesika  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Relin, Salah satu foktor yang dapat menyebabkan munculnya acne adalah adanya bakteri p. acne , dan inilah sebabnya terkadang diperlukan pemberian antibiotika. Klindamisin merupakan salah satu antibiotika yang sering digunakan, tetapi dosis untuk acne jauh lebih kecil daripada dosis yang lazim digunakan pada kasus lainnya, seperti infeksi kulit dan jaringan lunak. Jika terlupa 1 dosis, tetap lanjutkan saja penggunaan seperti seharusnya, anda tidak perlu mendobel dosisnya. Sulit mengatakan apakah sudah terjadi resistensi atau tidak, karena hal tersebut perlu dibuktikan dengan melakukan uji sensitivitas yang memakan waktu dan biaya. Jika anda ragu, anda dapat menghubungi kembali dokter yang menangani anda. Akan tetapi saya sarankan agar anda melanjutkan pengobatan tersebut sesuai dosis dan frekuensi yang sudah direncanakan sebelumya. jerawat preferensi tepat menghilangkan jerawat demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

    Relin Yesika  Relin Yesika
    Anggota

    Maaf dok saya mau tnya lagi,, apakah resistensi jg dpt terjadi pd engunanaan antibiotik topical ? Misalnya cream acne yg isi nya antibiotik dok?? Apakah penggunaan ny harus smpai habis sprti halnya penggunaan antibiotik oral dok??

    Relin Yesika  dr. Rico N
    Dokter

    Ya, bisa saja. Tidak harus sampai habis salepnya (karena jumlah salep yang dibutuhkan tentunya berbeda-beda tergantung luas area yang disalepi), yang penting adalah anda mematuhi aturan pakainya. Misal jika disuruh 7 hari ya benar-benar digunakan 7 hari. Contoh lain jika antibiotik topikal dipakai untuk infeksi kulit, maka harus digunakan sampai infeksinya benar-benar sembuh.