Tanya Dokter

  • Apa antibiotik untuk tifus

  •  jiko
    Anggota

    Dok saya positif typus setelah 4 kali cek widal yg terakhir hasilnya sbb : typhi H + 1/640, paratyphi BH+ 1/320 dan paratyphy CH +1/320 padahal dah minum obat minum antibiotik tyamhicyn 1000mg dgn dosis 3x1 / hari dok apa mungkin sy resisten terhadap obat antibiotik jenis tyamhicyn dok..mksh..

    jiko  Thob Marcotob's
    Anggota

    Thiampenicol

    Halo, Apakah pemeriksaan dan pengobatan sudah berdasarkan rekomendasi dari dokter? Infeksi Tifus disebabkan oleh bakteri salmonella typhi, yang menginfeksi melalui makanan maupun minuman yang terkontaminasi. Pemeriksaan widal merupakan salah satu pemeriksaan yang dapat digunakan untuk mendeteksi adanya infeksi Tifus. Namun perlu diketahui bahwa pemeriksaan ini tidaklah akurat, hasil positif dapat disebabkan oleh banyak faktor. Selain widal disarankan juga untuk melakukan pemeriksaan darah lengkap. Pengobatan pada umumnya dilakukan 1-2 minggu, disertai:

    • Istirahat total,
    • Perbanyak konsumsi air putih,
    • Makan makanan bergizi, dan hindari makanan tinggi serat untuk sementara waktu,
    • Tetap mengkonsumsi obat (antibiotik dan penurun panas)
    Tingginya angka resistensi antibiotik di indonesia menyebabkan banyaknya penyakit yang sudah tidak lagi mempan dengan pemberian antibiotik yang umum ada dipasaran. Untuk kasus seperti ini disaran untuk melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam, dimana akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti uji resistensi obat. Perlu diingat untuk tidak secara sembarangan membeli dan mengkonsumsi obat seperti antibiotik tanpa resep dari dokter. Untuk lebih lengkapnya dapat di baca di laman Tifus. <p style="border: 0px; font-family: museosans300, sans-serif; margin: 0px 0px 20px; outline: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline; word-wrap: break-word; line-height: 23px; color: #000000;">Semoga bermanfaat,</p> <p style="border: 0px; font-family: museosans300, sans-serif; margin: 0px 0px 20px; outline: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline; word-wrap: break-word; line-height: 23px; color: #000000;">dr. Aditya Pratama</p>