Tanya Dokter

  • apa bahaya kondom?

  •  dita
    Anggota

    siang dok,

    begini saya sudah menikah hampir 2 tahun, tahun pertama pernikahan saya dan suami selalu menggunakan kondom saat berhubungan. namun tahun berikutnya kami sudah tidak menggunakan kondom lagi.

    pertanyaan saya, apakah ada bahaya tertentu jika terlalu sering berhubungan menggunakan kondom?? maaf misalnya seperti apakah apabila sering menggunakan kondom akan mempengaruhi kesuburan suami atau istri, misalnya???

    mohon dijelaskan ya dok. terima kasih banyak

    Halo,   Tidak. Penggunaan kondom tidak akan mempengaruhi kesuburan baik istri maupun suami. Kondom merupakan salah satu metode kontrasepsi yang paling mudah dan banyak digunakan pada zaman ini. Kondom bisa mencegah terjadinya kehamilan, jika digunakan secara benar, dan bisa mengurangi resiko tertular penyakit menular seksual. Namun penggunaan kondom juga memiliki kerugian tersendiri antara lain adalah :

    1. Alergi pada latex (bahan kondom), spermisida/ minyak dalam kondom dll. Hal ini bisa menimbulkan reaksi rasa gatal pada wanita dan pria yang melakukan hubungan dengan menggunakan kondom. Biasanya keluhan akan terjadi segera sesudah penggunaan.
    2. Banyak pria yang merasa kurang sensitif / merasa kurang terangsang dengan menggunakan kondom.
    3. Walaupun bahan karet kondom sangat kuat namun bisa terjadi robekan / kerusakan jika Anda menggunakan kondom dengan kurang tepat, kondom kadaluarsa dll.
    4. Saat menggunakan kondom , pria harus menarik penisnya segera setelah orgasme sebelum penis menjadi lemas kembali agar mencegah sperma keluar dari kondom.
    Baca artikel Kondom. Semoga membantu.   dr. Yusi

    dita  dita
    Anggota

    ooh begitu ya dok maaf lalu mengenai kesuburan, apakah vitamin becomzet aman untuk dikomsumsi pria setiap hari?? <p style="border: 0px; font-family: museosans300, sans-serif; margin: 0px 0px 20px; outline: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline; word-wrap: break-word; line-height: 23px; color: #000000;">apa benar kandungan bisa turun? klo bisa, penyebabnya apa y dok?</p> <p style="border: 0px; font-family: museosans300, sans-serif; margin: 0px 0px 20px; outline: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline; word-wrap: break-word; line-height: 23px; color: #000000;">karena hampir 2 tahun ini saya menikah dan saya belum hamil, bbrp hari lalu ibu saya menyarankan untuk datang ke tukang pijat kandungan/perut untuk mengetahui apakah kandungan saya turun atau tidak. apa bisa begitu y dok?</p> <p style="border: 0px; font-family: museosans300, sans-serif; margin: 0px 0px 20px; outline: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline; word-wrap: break-word; line-height: 23px; color: #000000;">terima kasih banyak dokter</p>