Tanya Dokter

  • Apa bahaya mencukur rambut kemaluan

  •  Aris WP
    Anggota

    Dok, Setiap rambut kelamin panjang selalu saya  cukur habis karna gatal.saya mau nanya dok apa ya bahaya nya mencukur rambut kemaluan dan apa manfaatny mencukur rambut kemaluan.Trims.

    Halo, Bahaya mencukur rambut kemaluan secara total akan menambah resiko terkena sebuah penyakit. Mencukur habis rambut kemaluan dapat menimbulkan iritasi pada kulit dan luka kecil yang biasanya tidak terlihat pada kulit rambut yang dicukur dapat menyebabkan kuman mudah masuk sehingga seseorang bisa terkena infeksi pada area kelamin. Memang membiarkan rambut kemaluan tetap panjang dan tidak terawat juga akan menjadi tempat untuk bakteri hidup dan berkembang biak. Untuk mencegah terjadi infeksi pada area kelamin, Anda dapat memotong rambut kemaluan dengan menyisakan rambut minimum sekitar 2-3 cm. Dan perlu diperhatikan juga kebersihan dari alat cukur atau gunting yang digunakan. Dalam ilmu medis belum ditemukan manfaat yang diperoleh dengan mencukur rambut kemaluan ini. Semoga membantu, dr. Rievia

    Sebagai tambahan : Untuk mencegah iritasi atau infeksi pada area kelamin antara lain:

    • Sebelum mencukur atau memotong bersihkan rambut kemaluan dengan sabun dan bilas dengan air hangat supaya pori-pori kulit terbuka dan setelahnya basuh dengan air dingin.
    • Gunakan alat cukur atau gunting yang khusus untuk mencukur rambut kemaluan saja dan jangan bertukar-tukaran atau meminjam dari orang lain.
    • Bersihkan alat cukur atau gunting setelah digunakan dengan menggunakan sabun hingga bersih dan di lap hingga kering, sebaiknya ganti alat cukur atau gunting setiap beberapa bulan sekali atau jika sudah berkarat.
    Semoga bermanfaat, dr. Rievia