Tanya Dokter

  • Perbedaan darah menstruasi dan darah keguguran

  •  Nur Ahmad
    Anggota

    Met sore Dok saya mau tanya 1.apa beda nya darah haid sm darah keguguran? saya dalam sebulan ini 2x keluar darah,pada tgl 7 s/d 10 Oktober darah warna coklat dan tidak banyak.lalu pada tgl 17 s/d 21 Oktober keluar darah lagi berwarna merah.Apakah darah saya normal aja atau saya keguguran??

    Nur Ahmad  Nur Ahmad
    Anggota

    mohon penjelasan nya Dok,terima kasih.maaf ganggu waktu nya

    Hai, Perdarahan pada keguguran biasanya ditandai dengan gumpalan darah seperti daging yang apabila ditekan, tidak hancur (gumpalan darah sejati akan hancur/larut dengan penekanan dan siraman air). Gumpalan tidak hancur karena memang merupakan jaringan janin yang gugur. Perdarahan vagina bisa bervariasi warnanya mulai dari merah muda (pink), merah terang, merah gelap sampai coklat. Sebetulnya warna-warna ini kurang bisa digunakan sebagai patokan apakah darah tersebut adalah darah haid normal, darah karena ovulasi, darah karena keguguran, darah karena kanker dan sebagainya. Untuk menentukan darimana sumber perdarahan, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter menggunakan spekulum (bagi yang sudah menikah) dan pemeriksaan USG. Perdarahan vagina umumnya disebabkan oleh:

    Untuk lebih jelasnya, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan Dokter untuk dilakukan pemeriksaan seperti yang disebutkan di atas. Berikut tips untuk Anda:
    • Pelajari masa subur Anda untuk memudahkan kehamilan atau mencegah kehamilan
    • Istirahat cukup setiap harinya
    • Kelola stress dengan baik
    • Apabila merasa kurang sesuai dengan jenis KB yang Anda gunakan sekarang, konsultasikanlah dengan Dokter Anda untuk mencari KB yang ideal untuk Anda
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma