Tanya Dokter

  • apa benar gara-gara berhenti merokok semua penyakit jadi ada?

  •  ade nurzaman
    Anggota

    misi dok,. mau tanya.

     

    apa benar berhenti merokok, penyakit yang ada di dalam tubuh kambuh berkali lipat??? soalnya saya punya guru 2 orang berhenti merokok lalu gak lama kemudian penyakit berat menghampirinya, dan ketika merokok lagi penyakitnya jadi sembuh

     

    trimakasih banyak dok.

    ade nurzaman  ade nurzaman
    Anggota

    pagi dok,..   gimana dok benar atau tidak ya??

    Hai Ade Justru sebaliknya, bila Anda terus merokok maka peluang untuk terjadinya penyakit berat akan semakin besar. Beberapa penyakit yang dapat timbul akibat merokok seperti:

    • Infeksi/peradangan paru
    • Hipertensi (darah tinggi)
    • Kerusakan pembuluh darah sehingga berpotensi terjadi penyakit jantung, stroke, dsb
    • Kanker paru, tenggorok, dsb.
    Hal yang salah pada masyarakat adalah bila berhenti merokok justru timbul beberapa penyakit seperti batuk, lemas, dsb. Ini sebenarnya bukan akibat tidak merokok, melainkan akibat ketergantungan dari nikotin yang terdapat dalam rokok. Bila berhenti merokok, efek dari penghentian nikotin mendadak menimbulkan gejala seperti batuk, sakit kepala, kecemasan, dan mudah lelah. Kondisi ini hanya berlangsung sementara dan akan membaik dengan sendirinya. Bila Anda ingin berhenti merokok, sebaiknya tetap lanjutkan. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Mitos yang membuat Anda tidak berhenti merokok. Masa depan cerah dengan berhenti merokok. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william Segudang bahaya merokok terhadap tubuh.

    ade nurzaman  ade nurzaman
    Anggota

    seperti gitu ya dok,.. satu lagi dok, ada tip khusus gk atau obat yang bisa menghilangkan rasa ketergantungan pada obat?? soalnya saya sendiri sudah beberapa kali mencoba untuk berhenti merokok tpi tetp aja susah, bahkan smpai 3 bulan saya bisa menahannya,. dan sekaran juga msih mencoba berhenti tapi yang ada malah pusing, sebal dll.   sebelumnya makasih banyak dok,.

    Hai Ade Tidak ada obat untuk membantu menghentikan merokok. Hal yang utama untuk berhenti merokok adalah niat serta dukungan dari keluarga terdekat. Sebaiknya menghindari lingkungan atau teman yang merokok bila saat mereka sedang merokok karena dapat menyebabkan Anda merokok kembali. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    ade nurzaman  ade nurzaman
    Anggota

    makasih banyak dok atas jawabannya,..