Tanya Dokter

  • Cara menagtasi benjolan di dahi pada penderita HIV

  •  Michael. L
    Anggota

    Dok boleh tanya saya Mich ada teman saya dy punya benjolan di atas kening akibat terbentur tapi benjolan itu baru keliatan sekarang, tetapi dy mengidap HIV apa tidak bisa d angkat benjolannya??trims Dok

    Halo,

     

    Benjolan diatas kening akibat terbentur tersebut perlu diperiksa dengan seksama untuk dipastikan jenis benjolan. Tidak semua jenis benjolan memerlukan tindakan operasi.

    Benjolan akibat terbentur bisa terjadi sebagai bentuk hematom (memar) atau benjol yang umumnya tidak memerlukan tindakan operasi. Kompres dingin dan obat oles tertentu bisa dilakukan untuk membantu meredakan benjolan akibat memar atau benjol.

    Maka itu periksakan terlebih dahulu kondisi teman Anda ke dokter untuk mengetahui jenis benjolannya. Dengan tes fisik dan  tes medis seperti rontgen atau USG jika perlu maka benjolan bisa diketahui jenis dan diberikan bentuk penanganan yang sesuai.

    Prinsipnya HIV atau tidak, idealnya mereka memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pengobatan. Baik dalam bentuk operasi atau bukan.

    Namun untuk kasus HIV, maka tindakan operasi akan membutuhkan penangana khusus seperti ruang operasi yang spesial (tidak untuk umum), peralatan operasi yang sekali pakai, alat pelindungan diri bagi operator seperti dokter yang mengoperasi, tenaga medis lain, perawat, serta orang yang berada di dalam kamar operasi untuk digunakan selama operasi berlangsung. Indonesia sendiri belum memiliki banyak RS yang mampu mengakomodir kondisi tersebut.

    Mintalah bantuan kepada yayasan khusus HIV AIDS untuk membantu Anda mendapatkan tindakan pengobatan terbaik jika And amembutuhkan tindakan operasi.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi