Tanya Dokter

  • Penyebab tremor

  •  COLE
    Anggota

    dok teman saya ada yang di diagnosis terkena parkinson.padahal dai baru berusia 18 tahun dan dia wanita,padahal kan biasanya parkinson di derita oleh kaum lelaki dan berusia di atas 30 tahun.gejalanya dia mengalami tremor di tangan kanannya,lalu dia cek ke dokter dan diberi obat.setelah beberapa minggu mengonsumsi obat malah kedua tangannya menjadi tremor dan pandangannya menjadi buram.kadang dia juga merasa mata sebelah kiri agak terganggu

    lalu kemarin pada saat kontrol dia disuruh untuk cek EEG dan EMG,ini untuk apa ya dok?

    lalu ada dokter yang mendiagnosis dia kelebihan kelenjar tiroid karena dia susah gemuk

    bagaimana menurut dokter?

    terimakasih

    Halo

    Banyak hal yang dapat menyebabkan tremor (gemetar) pada tangan. Beberapa kondisi yang berhubungan dengan tremor ini diantaranya:

    - Gangguan pada saraf tepi atau pusat

    - Kelebihan hormon tiroid (hipertiroidisme)

    - Parkinson

    - Hipoglikemia (Kekurangan gula darah)

    - Efek samping obat-obatan

    - Dan lain sebagainya

     

    Parkinson sendiri dipengaruhi oleh bagian otak tengah yang di namakan substansia nigra. Jika bagian ini bermasalah, tidak perlu menunggu usia tua untuk mengalami parkinson.

     

    Gejala tremor tangan kanan yang di alami teman anda bisa jadi memang masih gejala awal. Apalagi dengan banyaknya kondisi yang dapat mempengaruhi terjadinya tremor tersebut, memang masih banyak kemungkinannya. Kemudian dengan seiring waktu dimana muncul gejala lain seperti tremor kedua tangannya, maka dibutuhkan evaluasi lebih lanjut lagi.

     

    Pandangan mata yang menjadi buram dan susah gemuk sendiri juga dapat di sebabkan oleh berbagai hal dimana bisa berhubungan dengan gejala tremor maupun tidak. Oleh karena itu di perlukan lebih lanjut apakah gejala lain tersebut berhubungan langsung apa tidak dengan tremor yang di alami teman anda.

     

    EEG (Elektroensefalografi) merupakan pemeriksaan yang bertujuan untuk merekam aktivitas kelistrikan di otak. hal tersebut di lakukan untuk mengetahui fungsi dari otak. Sedangkan EMG (Elektromyografi) adalah prosedur untuk memeriksa fungsi otot dan dan saraf motorik (penggerak). Kedua hal tersebut di lakukan untuk mengetahui apakah tremor yang di alami teman anda di sebabkan oleh gangguan di saraf pusat atau di saraf tepi. Hal tersebut di perlukan untuk menentukan penyakit yang di alami oleh teman anda.

     

    Adapun yang dapat teman anda lakukan saat ini adalah:

    1. Mengikuti anjuran dokter
    2. Tidak melakukan hal-hal di luar yang di sarankan dokter
    3. Tidak mengkonsumsi obat-obatan di luar saran dokter

     

    Di sarankan kepada teman anda untuk tetap kontrol dan mengikuti apa yang di instruksikan oleh dokter agar apa yang di alami teman anda dapat di pastikan dan mendapatkan terapi yang di butuhkan.

    Terima kasih