Tanya Dokter

  • apa benar saya mengidap OCD

  •  Aris WP
    Anggota

    Dok saya mempunyai sikap psikolog yang aneh dan tidak masuk akal yaitu sering cek penis saya.saya dah sunat 5 tahun lalu.saya cek penis saya  berulang-ulang dan ini terjadi 45 hari ini dan saya khawatir saya coba hilangkan dari diri saya tapi tidak berhasil tapi itu saya lakukan lagi terus terang dok saya cek tidak ada masalah setiap kali cek tapi 1 jam lagi muncul takut dalam pikiran saya ada luka lagi dipenis saya tapi setelah cek tidak ada padahal saya setiap melakukan aktivitas jujur tidak pernah ada sakit,perih,nyeri dipenis saya tapi pikiran ini selalu menghantui saya setiap saya melakukan aktivitas dok.tapi apa benar ini OCD dok dan apa perlu untuk ke psikiater.

    Aris WP  Aris WP
    Anggota

    Aris WP October 8, 2015 at 4:57 am Dok saya mempunyai sikap psikolog yang aneh dan tidak masuk akal yaitu sering cek penis saya.saya dah sunat 5 tahun lalu.saya cek penis saya berulang-ulang dan itu mengetahui apakah saya mengidap penyakit di penis saya tapi setelah dicek tidak ada dan ini terjadi 45 hari ini dan malah menjadi latah/kebiasaan. saya khawatir saya coba hilangkan dari diri saya tapi tidak berhasil seperti dah jadi kebiasaan tapi itu saya lakukan lagi terus terang dok saya cek tidak ada masalah setiap kali cek tapi 1 jam setelah cek lagi muncul takut dalam pikiran saya ada luka lagi dipenis saya tapi setelah cek tidak ada padahal saya setiap melakukan aktivitas jujur tidak pernah ada sakit,perih,nyeri dipenis saya .tapi pikiran ini selalu menghantui saya setiap saya melakukan aktivitas dok.tapi apa benar ini OCD dok dan apa perlu untuk ke psikiater.
     

    Hai, OCD (Obsessive Compulsive Disorder) atau Gangguan Obsesif Kompulsif merupakan kelainan psikologis yang menyebabkan seseorang memiliki pikiran dan ketakutan yang tidak masuk akal (obsesi) sehingga menyebabkan perilaku tertentu yang diulang-ulang (kompulsi). Contohnya perilaku kompulsif adalah mengecek sesuatu berulang-ulang, cuci tangan berkali-kali, dan sebagainya. Ada empat tahap utama dalam kondisi OCD:

    1. munculnya obsesi yaitu muncul pikiran dan ketakutan yang tidak masuk akal mengenai hal tertentu
    2. hal tersebut menimbulkan kecemasan pada penderitanya
    3. penderita melakukan sesuatu untuk mengurangi kecemasannya dengan tindakan yang repetitif atau diulang-ulang (kompulsi)
    4. perilaku kompulsi akan memberikan kelegaan sementara, namun kemudian obsesi kembali muncul sehingga membuat penderita kembali mengulangi pola di atas
    Untuk mendiagnosis OCD diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter melalui proses wawancara yang mendetail mengenai riwayat gejala yang dialami. Sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan psikiater/dokter spesialis kejiwaan di kota Anda untuk menelusuri penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat. Dengan penanganan yang baik akan dapat mengontrol gejalanya dan mengembalikan kualitas hidup penderitanya. Baca laman artikel berikut ini: OCD (Obsessive Compulsive Disorder) Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman