Tanya Dokter

  • Keluar flek coklat berkepanjangan setelah lepas KB suntik

  •  Adinda
    Anggota
    Selamat siang dok saya menstruasi lebih dari 1bulan sebelumnya saya suntik kb baru pertama kalinya dan masa kb saya sudah habis tgl 4bln4. Nah wkt tgl 14bln4 saya mulai keluar flek coklat trs sekarang tgl 20bln5 masih saja saya menstruasi awalnya keluar flek coklat terus dan sekarang ada bercak darah kluar tapi cuman 4hari dok kluarnya kira kira gimana ya dok? Mohon jawab terimakasih.

    Halo Adinda, terima kasih atas pertanyaannya. KB suntik merupakan salah satu jenis dari kontrasepsi hormonal. Kb suntik terdiri dari dua jenis yaitu kb suntik 1 bulan dan 3 bulan. Keduanya bekerja untuk menghambat pematangan sel telur, meningkatkan kepekatan lendir di vagina serta penipisan dinding rahim. Kelebihan kb suntik adalah :

    • tidak ada interaksi dengan obat-obatan
    • kb suntik 3 bulan aman untuk menyusui
    • melindungi dari kanker rahim

    Namun kb suntik memiliki beberapa kekurangan yaitu bisa mengganggu siklus menstruasi, nyeri dada, nyeri kepala. Siklus menstruasi bisa sangat kacau setelah menggunakan kb suntik, haid bisa tidak muncul atau justru muncul flek yang terus menerus. Karena efek hormon yang disuntikkan bisa bertahan lama dalam tubuh, terkadang butuh waktu lama untuk mengembalikan kadar hormon tubuh serta kesuburan. Kesuburan sangat diperlukan untuk terjadinya suatu kehamilan. Kb suntik biasanya memakan waktu beberapa bulan hingga satu tahun untuk kembali subur. Tanda dari kembalinya kesuburan tubuh adalah munculnya haid atau menstruasi. Semakin lama riwayat penggunaan kb suntik biasanya akan semakin lama pula kembalinya siklus menstruasi yang normal. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terdekat apabila flek terasa tidak berhenti. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan USG bila diperlukan.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Anissa