Tanya Dokter

  • apa obat untuk gejala vertigo?

  • Permisi dok.. Sy sigit pamungkas,22 th .Surakarta,jateng. Begini dok.. Sy sering bgt pusing.. Mual.. Badan tuh kya lelahh banget.. Sy konsultasi ke dokter katanya gejala vertigo.. Uda di kasih obat ama dokter nya.. Tapi nyampe abis obat nya ini masih sering kambuh..

    Halo,   Penanganan vertigo bisa dilakukan dengan beberapa cara yakni :

    1. pemberian obat minum = cinnarizin, flunarizin, dll
    2. Metode reposisi kanal = manuver epley dan metode brand darroft yang berfungsi emngembalikan atau mengeluarka kanalit pada saluran vestibuler yang mengganggu pusat keseimbangan.
    3. Rehabilitasi vestibuler = terapi fisik yang berguna untuk memperkuat pusatkeseimbangan
    4. Terapi bedah.
    Jika gejala vertigo Anda masih ada dengan penggunaan obat minum maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ulang untuk mengetahui penyebab vertigo Anda. Vertigo bisa disebabkan karena gangguan pada perifer (telinga) dan sentral (otak). Dokter THT akan memeriksa dengan seksama kondisi telinga Anda seperti melakukan tes fisik dan tes medis, dan jika dicurigai adanya gangguan sentral maka akan dilakukan pemeriksaan CT SCAN atau MRI jika perlu. Dengan mengathui penyebabnya maka pengobatan yang tepat diharapkan bisa mengatasi gangguan vertigo Anda. Baca topik Vertigo. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi