Tanya Dokter

  • Apa boleh memakai obat asap/hirup dngan jangka panjang?

  •  Melinda Putri
    Anggota
    Dok,anak sya umur 2 thun, setiap sesak nafas/mengi x kumat selalu pakai obat asap

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

     

    Asma adalah penyempitan pada saluran napas yang disebabkan reaksi saluran nafas terhadap zat pemicu tertentu. 

     

    Pengobatan asma dibagi menjadi 2 golongan yakni : 

    -Reliver / pelega : diberikan pada saat asma yang sedang kambuh, berupa uap atau disebut juga nebulizer. Nebulizer sendiri merupakan pilihan utama untuk sesak yang bersifat darurat. Obat uap yang digunakan hanya bekerja lokal pada saluran nafas . Jadi, penggunaan nebulizer tidak akan memberikan efek samping jangka panjang ke seluruh tubuh dan relatif aman.  

    -Controller / pengontrol : diberikan pada penderita asma yng seringkali kambuh. Dapat berupa inhaler (obat semprot hidung yang kemudian dihirup) , maupun obat minum untuk melegakan saluran nafas.

     

     

    Pada banyak kasus, pengobatan asma lebih dianjurkan diberikan secara inhalasi/dihirup baik dengan nebulizer atau inhaler. Tujuannya agar obat akan bekerja langsung ke saluran napas yang menyempit dan melegakan nafas. Bila dibandingkan dengan obat minum ataupun suntik/injeksi, dimana obat akan menyebar keseluruh tubuh dan memberikan efek samping ke organ tubuh lainnya.

    Biasanya penyakit asma hanya membutuhkan terapi pada saat serangan saja, yaitu dengan memberikan obat untuk melebarkan sarungan napas yang menyempit akibat respon peradangan. 

     

    Selain dengan obat-obatan, anda juga sebaiknya memperhatikan kondisi lingkungan sekitar (misalnya kondisi berdebu, cuaca hujan, dll) yang dapat memicu serangan asma pada anak anda, dan sebisa mungkin hindari kondisi pencetus tersebut.

     

    Berikut artikel terkait ASMA

     

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Natalia