Tanya Dokter

  • Apa boleh minum pil KB yasmin lebih dari 21 hari?

  •  fafaza
    Anggota

    Dok, saya mau tanya.

    selama ini saya KB menggunakan Pil KB Yasmin.

    Sekarang suami sedang tugas diluar kota dan setelah 3 bulan baru akan pulang hari jumat - minggu ini.

    Pil KB nya sudah akan habis besok, biasanya setelah berhenti di hari selasa, maka pas hari jumat saya akan menstruasi.

    Apakah boleh kalo saya menambah sendiri dosis pil KB yasmin 3 hari sampai jumat, sehingga minggu malam setelah suami saya kembali bertugas baru saya menstruasi.

    Apakah memungkinkan diatur seperti itu?

    Apakah ada efek samping,

    Atau ada solusi lain?

    Terus terang saya bingung dok, takut mengecewakan suami saya.

    Terima kasih

    fafaza  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat malam, Konsumsi pil Kb 21 hari ditujukan setelah  hari ke 21 konsumsi (obat habis) maka diberi kesempatan untuk mengalami menstruasi dan kemudian melanjutkan lagi konsumsi obat pil kb setelah menstruasi selesai. Pada kondisi anda, diperbolehkan untuk langsung melanjutkan konsumsi pil kb tanpa jeda dengan tujuan untuk menunda menstruasi dan juga sebagai kontrasepsi menjelang kepulangan suami anda. Setelah masa yang diinginkan lewat anda dapat menghentikan konsumsi pil dan memberi waktu istirahat untuk rahim anda agar dapat menstruasi. Sekian informasi dari saya semoga dapat bermanfaat.

    fafaza  Anna
    Anggota

    Selamat malam dok, berarti kalau misal menambah dosis 3 hari setelah pil terakhir habis, lalu jeda seminggu untuk mens, selanjutnya kita minum sisa pil yg 18 hari begitu dok? Saya juga berencana begitu karena akan bepergian. Mohon bantuannya, terima kasih