Tanya Dokter

  • Dampak bayi lahir prematur

  • Saya mau tanya. Pada tanggal 30 desember 2015 saya USG di puskesmas,kata dokter usia kandungan nya 33 minggu. Lalu pada tanggal 17 januari 2016 saya melahirkan secara normal dengan bb bayi 2 kg 3 ons,panjang 47 cm, keadaan bayi sehat. Sekarang sudah 9 bulan belum bisa duduk sendiri, tapi sudah bisa berdiri pegangan dinding. Pertanyaan nya, 1.apakah anak saya lahir prematur? 2.apa dampak nya bila anak lahir prematur?

    Halo,   Prematur adalah sebuah persalinan yang terjadi disaat usia kehamilan < 37 minggu. Melihat usia kehamilan Anda saat bersalin maka bisa diperkirakan bahwa persalinan Anda terjadi saat kehamilan berusia 35-36 minggu sehingga kondisi ini termasuk kriteria kelahiran prematur. Ditambah lagi berat bayi lahir rendah (kurang dari 2500gr) semakin memperkuat kriteria kelahiran prematur. Pada kelahiran prematur bisa memiliki dampak seperti :

    1. Bayi lahir dengan berat rendah.
    2. Asfiksia pada bayi.
    3. Pematangan paru yang belum sempurna sehingga bayi bisa sulit bernafas, tidak bernafas dan asfiksia.
    4. Bayi kurang sehat atau rentan terhadap infeksi.
    5. Bisa mengalami kelainan jantung dan neurologis.
    6. Dll.
    Kondisi prematur tentu bisa diperbaiki dengan perawatan intensif saat baru lahir, perawatan yang baik saat dirumah dengan cara memijat bayi agar tumbuh kembang terutama kenaikan berat badan cepat, pemberian ASI agar memiliki antibodi yang cukup kuat dan memberikan rangsangan motorik serta sensorik sesuai usia pertumbuhan anak. Mengenai kondisi anak Anda dimana sudah mulai berdiri dengan bantuan untuk usia 9 bulan termasuk cukup baik, konsultasikan kondisi tumbuh kembang anak Anda ke dokter anak terdekat. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi