Tanya Dokter

  • Program hamil dan kemungkinan endometriosis

  • Dok saya meirina, saya mau tanya saat ini saya sedang program hamil, tetapi sebelum program tersebut saya pny bbrp mslh yg mengganjal seputar kehamilan, sebelum menikah haid saya di awal bulan kemudian setelah menikah menjadi akhir bulan siklus tetap sama 6hari krn perubahan tersebut saya mengalami nyeri haid yg luar biasa, saya prh cek saya ada kista tp mnrt dokter tdk mslh klo tdk mengganggu, sblm menikah saya bbrp x nyeri haid luar biasa dan dokter menyarankan utk di endos/kolon saya lupa krn curiga endometriosis, namun blm saya lakukan. Mohon pencerahan

    Meirina Wulan Ditha  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat malam, ENDOMETRIOSIS merupakan suatu keadaan dimana jaringan atau sel-sel rahim tumbuh di luar rahim, di tempat yang tidak semestinya. Lokasi tumbuhnya bisa dimana saja, seperti di saluran tuba, di indung telur, usus, kandung kemih, dll. Gejala yang terjadi pada endometriosis adalah :

    • Nyeri haid hebat. Nyeri terutama terjadi sesaat sebelum dan semasa menstruasi. Nyeri yang terjadi tidak dirasakan semenjak menstruasi pertama, namun terjadi setelah beberapa lama, kemudian semakin bertambah intensitas nyeri nya.
    • Infertilitas (tidak dapat hamil). Pada wanita yang infertil (mandul) sebanyak 50% nya ditemukan memiliki endometriosis.
    • Nyeri saat berhubungan seksual.
    • Perdarahan menstruasi dengan volume lebih banyak
    • Perdarahan di luar siklus menstruasi
    Pengobatan yang dapat dilakukan pada kondisi ini adalah untuk mengurangi gejala, terutama gejala nyeri dan untuk mengatasi masalah infertilitas agar dapat meningkatkan kesuburan. Untuk mengurangi rasa nyeri, terdapat beberapa pilihan terapi , yaitu :
    • Obat penghilang nyeri. Obat anti-nyeri seperti ibuprofen atau naproxen, parasetamol.
    • Terapi hormonal berupa penggunaan pil kb, suntik kb, analog hormon gonatropin, dll. Mekanisme dengan mengatur siklus hormonal sehingga rahim tidak menebal dan endometriosis tidak menyebar ke mana-mana.
    • Kehamilan
    • Pengangkatan rahim. Merupakan tindakan penghilang nyeri, penghilang sumber masalah, namun diperuntukkan untuk wanita yang tidak lagi ingin hamil.
    Untuk meningkatkan kesuburan, perlu dilakukan tindakan berupa Laparoskopi (tekhnik operasi dengan sayatan kecil seperti lubang kunci). Laparoskopi digunakan sebagai media diagnosis untuk mengambil sampel jaringan dan melihat secara mikroskopis apakah benar merupakan jaringan rahim atau bukan. Selain itu juga untuk terapi berupa pelepasan perlengketan atau sumbatan yang disebabkan oleh endometriosis, mengangkat kista, membersihkan jalan organ reporoduksi agar tidak menghambat terjadinya kehamilan. Untuk memastikan apakah penyebab infertilitas pada Anda maupun pasangan, sebaiknya kedua pasangan saling memeriksakan diri ke ahli nya. Setelah diketahui pasti apa penyebabnya, maka diskusi kan jalan keluar yang terbaik untuk mengatasi masalah infertilitas Anda dan pasangan, agar kemudian dapat meningkatkan kesuburan Anda dan pasangan. Jika memang ada kecurigaan ke arah endometriosis, sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter Anda, dan segera menangani nya. Sehingga program kehamilan Anda dapat berjalan dengan baik. Sekian informaso dari saya, semoga dapat membantu.