Tanya Dokter

  • Apa efek jangka panjang pil pelangsing instan?

  • Dok saya baca jwbn dokter ttg pelangsing 7 days slim...Dokter mengatakan bahwa pelangsing instan biasanya cenderung mempengaruhi organ tubuh. Kira2 apa efek jangka panjang yg d timbulkan pelangsing instan pada organ tubuh kt dok? Trims

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

     

    Penurunan berat badan dengan pil pelangsing instan seringkali menyebabkan berat badan akan cepat naik kembali (pada berberapa kasusk bahkan lebih dari berat badan sebelum konsumsi obat) setelah konsumsi pil pelangsing dihentikan. 

    Selain itu, menurut WHO penurunan berat badan yang dianjurkan hanyalah 0,5-1 kg/minggu. Beberapa pil pelangsing mengandung bahan berbahaya bagi tubuh, antara lain sibutramin, ephedra, rimonabant, fenitoin, dan fenolftalein. 

    Obat pelangsing yang anda sebutkan diatas mengandung sibutramine yang dapat berefek meningkatkan tekanan darah dan denyut nadi. Hal ini kemudian dapat mengganggu kerja organ jantung, menyebabkan gangguan ritme jantung hingga penyakit gagal jantung.

    Sangat disarankan agar tidak sembarangan mengkonsumsi pil pelangsing instan secara sembarangan. Pastikan pil tersebut telah teruji secara klinis dan memiliki label BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

     

    Beberapa anjuran untuk menurunkan berat badan yaitu:

    -Berolahraga secara teratur seminggu 3kali dengan durasi 30 menit setiap sesinya.

    -Melakukan Diet sehat dan seimbang

    -Hindari mengkonsumsi camilan berlebihan yang tidak sehat(gorengan, makanan manis, dll). Apabila menginginkan camilan anda dapat mengkonsumsi camilan sehat misalnya buah-buahan

    -Minum air putih minimal 3 liter perhari dapat membantu melancarkan pencernaan. Kurangi minuman bersoda, minuman manis.

    -Kelola stres dengan baik. Saat stres seseorang cenderung makan lebih banyak untuk mengalihkan pikiran.

    -Berkonsultasi ke dokter spesialis gizi untuk mendapatkan saran mengenai diet yang sehat dan pola olahraga yang tepat untuk mengurangi berat badan.

     

    BErikut artikel mengenai PIL PELANGSING

     

    Semoga bermanfaaat

    Salam, dr. Natalia