Tanya Dokter

  • Efek yang ditimbulkan pasca operasi kanker usus besar

  •  chinta13
    Anggota

    halo dok, saya ingin bertanya, ayah saya memiliki penyakit kanker usus besar tetapi dia belum menjalani operasi pengangkatan karena belum mengetahui benar apa saja efek samping dan gejala setelah operasi. apakah setelah operasi akan perlu untuk membuat lumbang pembuangan tinja sementara ? jika iya, apakah itu hanya untuk sementara ? apa untuk jangka waktu yang panjang ? berapa lama hingga bisa buang air besar dengan normal kembali ?

     

    terima kasih atas perhatian dan jawabannya.

    Hai Chinta13,terimakasih telah bertanya di alodokter. Pada keluhan ayah anda denga kanker usus besar,sebelumnya perlu ditegakkan diagnosis terlebih dahulu melalui riwayat ayah anda,pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang seperti USG,Ct scan,MRI,begitu diagnosis tegak,biasanya saat reseksi/operasi pembedahan kolon,akan diambil sample jaringan/biopsi untuk melihat staging keparahan dari tumor kolon ini. Kanker usus besar atau kanker kolon adalah jenis kanker yang menyerang usus besar atau bagian terakhir pada sistem pencernaan manusia.Beberapa gejala yang ditimbulkan:
    1. Darah pada feses
    2. Perubahan tekstur feses
    3. Konstipasi/diare terus menerus,menurunnya berat badan.
    4. cepat lelah
    5. nyeri perut
    Untuk mengetahui apakah seorang pasien menderita kanker usus besar, dokter terlebih dahulu akan menanyakan gejala-gejala yang dirasakan. serta akan dilakukan pemeriksaan penunjang lain. sedangkan pertanyaan anda mengenai lubang tinja di luar bernama stoma,stoma berarti usus yang dikeluarkan dari dinding abdomen melalui proses operasi,hal ini biasanya dilakukan saat operasi reseksi pada kanker,dikarenakan usus yang direseksi/dipotong saat itu tidak dapat disambung dalam waktu yang bersamaan. Oleh karena itu diperlukan operasi selanjutnya. Selain itu stoma juga berguna untuk pemberian nutrisi. Biasanya stoma juga memiliki beberapa komplikasi seperti infeksi kulit,ketidak nyamanan,dan bau. Sangat disarankan anda berkonsultasi ke dokter bedah terkait mengenai tatacara operasi,staging kanker pada ayah anda,bagaimana keparahannya,serta komplikasi yang mungkin terjadi. Semoga bermanfaat, Salam,dr. Celleen Rei Setiawan