Tanya Dokter

  • apa efek samping dari ethambutol , rifampicin, inadoxin...???

  •  soleh
    Anggota

    halo dokter...

    saya soleh...umur 31 thn... tadi siang saya berobat dgn keluhan di dada sakit/sesak..sblum nya pd tgl 4/8/2015 sya berobat..rontgen..dan dikasih tau klo terkena infeksi paru"..tpi sampai tdi sya minum obat yg diberikan dokter tdk ada efek yg baik di tubuh saya...(masih sesak).karna itu sya berobat lg ke dokter lain..dan tdi dikasih tau infeksi paru..dan harus terapi 6bln.dan sya dikasih obat paru..ethambutol,rifampicin,inadoxin. efek samping dri obat" ini apa yah dok..?/..soalnya saya setiap buang air kecil air urine berwarna kuning kemerah"an...apa emang sperti itu dok..??

     

    Halo, Obat yang diberikan kepada Anda merupakan obat-obat yang dipergunakan untuk mengobati infeksi paru akibat kuman Mycobacterium tuberculosis. Salah satu efek samping yang diberikan memang adalah urin yang berwarna kemerahan akibat mengkonsumsi rifampicin. Ini merupakan reaksi yang sangat wajar. Ketika sudah tidak mengkonsumsi obat ini, warna urin pun akan kembali normal. Obat-obatan ini pun dapat memberikan efek samping berupa mual, sehingga kadangkala dokter memberikan suplemen khusus berupa curcuma untuk mengurangi rasa mual. Sangat disarankan agar Anda mengkonsumsi obat ini sesuai anjuran dari dokter. Karena menghentikan obat-obatan secara tiba-tiba dapat memicu terjadinya resistensi antibiotik yang akan merugikan Anda di kemudian hari, karena pilihan obat untuk pengobatan tuberkulosis sangat terbatas. Untuk lebih lengkapnya silahkan Anda membaca link berikut Rifampicin Ethambutol Inadoxin Semoga cukup jelas, dr. Tri

    soleh  soleh
    Anggota

    ohh...gtu yah dok..trima kasih tlah menjawab pertanyaan sya dengan sangat rinci.. dan ini ada beberapa hal yg ingin sya tanyakan kembali sebelumnya dikasih obat OAT tsb..sya dikasih obat Methylprednisolone 4mg tapi bukanya badan makin membaik,..malah tambah pucat,lemah,dan lemas. setelah minum obat OAT ini sya rasakan baikan,..hanya nyeri dan sesak di dada masih ada,,,apa memang seperti itu dok..?? sya juga merasakan berat badan sya turun drastis dari sebelum sakit paru ini,.,. yang ingin saya tanyakan cara mengatasi berat badan yg turun drastis ini gmna yah dok,,.?? saya rasa untuk asupan makanan sudah cukup gizi nya dan juga dibantu dengan multivitamin sakatonik liver..mohon balasanya dok..?? trima kasih