Tanya Dokter

  • apa gejala kanker tulang di kepala?

  •  David Handoko
    Anggota

    selamat malam dok, saya ingin bertanya kira'' apa saja ya gejala awal kanker tulang di kepala? saya memiliki benjolan di belakang kepala, dan keras seperti tulang, serta tidak bergeser apalagi lunak. namun sepertinya benjolan tersebut mulai muncul di bagian kepala atas. benjolan tersebut sudah lama bertahun'', namun saya merasakan benjolan tersebut seperti bertambah jumlahnya, serta ukurannya mulai terasa di titik selain belakang kepala tersebut. kalau pusing kadang'' terjadi... umur 23 tahun, pria, namun tidak ada riwayat di keluarga yang memiliki kanker.

     

    dan kalau boleh tau apakah faktor psikologis dapat mempengaruhi pertumbuhan kanker? serta apakah mungkin kanker tulang terjadi tanpa turunan?

     

    terima kasih banyak atas infonya

    Halo,   Gejala kanker tulang di kepala akan kurang lebih sama dengan kanker tulang di setiap tulang yang terkena yakni :

    1. Benjolan di kulit kepala yang timbul mendadak dan bertambah besar seiring dengan waktu.
    2. Nyeri pada daerah benjolan dan sekitarnya, pada kanker tulang kepala bisa menimbulkan sakit kepala akibat tekanan terhadap pada saraf kepala.
    3. Tulang menjadi lemah dan mudah patah.
    4. Penurunan berat badan secara sistemik.
    5. Tidak nafsu makan
    6. Kelelahan.
    7. dll.
    Benjolan pada tulang kepala yang Anda alami memerlukan pemeriksaan khusus untuk memastikan penyebabnya. Beberapa tes medis yang bisa dilakukan antara lain adalah tes darah, Rontgen X-Ray, CT SCAN, MRI ,Bone Scan dll. Dengan pemeriksaan medis tersebut maka bisa dipastikan penyebab benjolan Anda adalah jenis tumor jinak atau ganas. Karena penanganan keduanya berbeda maka pemastian diagnosa akan diperlukan segera. Pada kasus tumor tulang tengkorak penanganan biasanya akan meliputi :
    1. Membuang benjolan / tumor tulang dengan reseksi bedah / radiosurgery.
    2. Kemo terapi dan radioterapi jika ternyata tumor bersifat ganas.
    3. pemberian obat penghilang nyeri seperti aspirin, paracetamol dll.
    Kanker memang merupakan penyakit yang bisa dimiliki oleh seseorang dengan riwayat kanker pada keluarga, namun bukan berarti orang yang tanpa riwayat keluarga tidak bisa terkena kanker hanya saja kemungkinan sesorang tanpa riwayat keluarga kanker akan menjadi lebih kecil dibanding dengan mereka yang memiliki riwayat kanker pada keluarga. Hingga saat ini penyebab kanker masih belum jelas, sehingga untuk menentukan apakah faktor psikologis bisa berperan pada pertumbuhan kanker masih belum bisa dijabarkan secara seksama. Namun jika psikologis Anda cukup baik dan menerima serta siap melakukan terapi dengan baik maka pertumbuhan kanker bisa dihentikan dengan pengobatan yang Anda lakukan dengan cepat tanpa proses pemikiran yang bertele tele dan lama. Karena semakin lama Anda mengobati kanker maka semakin sedikit peluang kesembuhan dan semakin parah stadium kanker yang Anda diamkan saja. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi