Tanya Dokter

  • Nyeri perut sebelah kanan yang tak kunjung hilang

  •  Azhavania
    Anggota
    Selamat pagi dok, saya mau bertanya. Kemarin saya olahraga lari karena tugas dari guru. Lalu saya merasa perut sebelah kanan saya sakit. Saya biarkan karena kalau setiap lari saya suka mengalami nya. Dan ternyata, sekarang saya sedang sakit, dan rasa nyeri di perut sebelah kanan saya tidak hilang juga. Apakah ini usus buntu? Mohon dijawab. Terimakasih dok.

    Halo Azhavania.....

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami dengan keluhan utama berupa rasa sakit pada perut sebelah kanan memang paling sering disebabkan oleh karena peradangan pada usus buntu atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai apendisitis.

    Apendisitis merupakan suatu keadaan yang muncul ketika terjadinya penyumbatan pada usus buntu akibat infeksi, sehingga terjadilah pembengkakan yang umumnya perlu diatasi secepatnya.

    Akan tetapi selain apendisitis, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh karena : batu empedu, hepatitis, kista ovarium, gangguan leher rahim, endometriosis, batu ginjal, infeksi saluran pencernaan, gangguan kesehatan pada lambung, peradangan pada paru - paru, batu ginjal, peradangan pada pankreas, dan lain sebagainya.

    Jika sampai saat ini kondisi sakit perut masih saja dirasakan, maka kami sangat menyarankan untuk menemui Dokter dan mendiskusikan masalah ini, agar dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    APENDISITIS

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    salam,

    @dr.jati