Tanya Dokter

  • Pengaruh jumlah ginjal terhadap operasi pengangkatan pen

  •  Mitra Comp
    Anggota
    Selamat pagi Dokter... Terimakasih atas informasinya kemarin gatal sy sudh hilang & tgl hilangin bekas'x sj. 2 jnis obat yg kmarin sy tanyakan akhirnya sy branikan u/ d konsumsi d karenakan sy sudh tdk tahan lg dengan rasa gatal'x... Maaf dok sy bertanya lg... +- 5thn lalu sy mngalami kecelakaan yg mengharuskn ginjal sy sebelah kiri u/ d angkat dan skarang tgl 1 ginjal kanan dgn kondisi terakhir ada batu ginjal uk 1.5mm ... Yg sy mau tanyakan. Dengan kondisi medis spt d atas apakah aman u/ menjalani oprasi pengangkatan pen.??? Sy sangat takut,, efek obat2an , bius & sbagainya bisa memperburuk fungsi ginjal sy kdepan'x... Apa pen'x sy biarkn sj tdk dilepas.?? Atau memng harus di angkat.?? Klo di angkat apa tdk memperburuk kesehatan ginjal sy.??? Terimakasih sebelum'x sy ucapkan 🙏... Sy harap dokter bisa membantu sy u/ mengambil keputusan yg lg sy hadapi..

    Hai Mirta. Secara umum, jika anda telah kehilangan 1 ginjal dan menyisakan 1 ginjal saja, anda tetap dapat hidup normal dengan baik selama fungsi ginjal anda sisanya masih baik. Selama fungsi ginjal anda baik dan sehat, maka anda dapat hidup normal dan tidak ada pantangan. Memang, ada pernyataan bahwa jika hanya 1 ginjal yang berfungsi akan meningkatkan resiko hipertensi, dan penurunan fungsi ginjal. Namun, jika anda dapat menjaga kesehatan ginjal anda dengan baik dengan menjaga pola hidup sehat, maka fungsi ginjal anda akan tetap baik dalam jangka waktu lama. 

    Mengenai kondisi anda dengan boleh tidaknya operasi, maka hal tersebut perlu dikonsultasikan dengan dokter anda secara langsung. Selain itu, sebelum operasi sendiri biasanya dilakukan terlebih dahulu pemeriksaan darah dimana mencakup gula darah, fungsi hati, fungsi ginjal dan profil darah secara umum, kemudian pemeriksaan rontgen untuk menilai fungsi pernapasan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa fungsi tubuh anda baik sehingga dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

    Mengenai keperluan apakah pen anda perlu dilepas atau tidak, anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter anda terutama dokter bedah anda yang melakukan oeprasi pemasangan pen. Hal ini agar beliau dapat menilai terlebih dahulu kondisi kaki anda dan kondisi pen sekarang apakah masih baik, apakah pen tersebut yang memberi efek, apakah kondisi pen lebih beresiko untuk dilepas atau dibiarkan. 

    Konsultasikan dengan dokter anda mengenai kondisi yang anda alami untuk penanganan dan informasi lebih lanjut. Jika memang ada rencana operasi, maka anda juga perlu menginformasikan dengan dokter anda mengenai kondisi ginjal anda agar dokter mengetahui riwayat anda dengan baik dan meminimalisasi resiko operasi yang ada. Jaga pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, hindari alkohol, minuman kemasan, makanan yang terlalu asin yang dapat memberatkan kerja ginjal, olahraga teratur, perbanyak konsumsi air putih, dan istirahat cukup. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa