Tanya Dokter

  • apa harus cesar lagi??

  •  Sitti Rostita
    Anggota

    malam dok...3 bulan lalu saya melahirkan dengan cara operasi cesar karena di diagnosis eklampsia. jika nanti saya akan melahirkan lagi, apakah ada kemungkinan bisa normal atau kemungkinan besarnya harus cesar lagi ?? lalu apakah saya akan mengalami eklampsia lagi nantinya ??

    Halo,   Pada proses melahirkan kedua kalinya nanti, Anda bisa melakukan proses persalinan normal dengan syarat tertentu yakni :

    1. Jarak antara persalinan > 2 tahun.
    2. Kondisi ibu dan bayi sehat
    3. Tidak ada kondisi yang mengharuskan proses caesar seperti : panggul kecil. Bayi sungsang, preeklampsia dan eklampsia, bayi besar, gawat janin, dll.
    4. Kontraksi rahim bagus.
    5. tidak ada penyulit pada proses persalinan = kala 1 memanjang, terlilit tali pusat dll.
    Jadi belum tentu Anda diharuskan menjalani proses caesar nantinya walaupun proses persalinan Anda yang pertama dilakukan secara caesar. Indikasi persalinan normal atau caesar akan ditentukan saat kehamilan Anda nantinya berdasarkan hasil pemeriksaan secara berkala ke dokter kandungan. Eklampsia belum tentu terjadi kembali pada saat kehamilan berikutnya selama Anda melakukan kontrol selama kehamilan dan menjaga kehamilan dengan baik. Karena penyebab eklampsia belum diketahui secara pasti maka akan sulit mencegah terjadinya hal tersebut, namun Anda bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan dengan cara :
    1. menjaga berat badan ideal baik sebelum kehamilan, saat kehamilan dan menjelang persalinan
    2. Memberikan jarak yang cukup antara kedua persalinan. Tidak ada angka pasti untuk jarak kehamilan yang baik. Namun dengan riwayat eklampsia Anda maka disarankan untuk memulai program hamil kembali > 3 tahun.
    3. Mencukupi kebutuan gizi seimbang dengan baik.
    4. Menjaga tekanan darah baik sebelum hamil maupun saat hamil.
    baca topik mengenai Proses persalinan berikutnya setelah operasi caesar. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi