Tanya Dokter

  • Syarat harus cuci darah

  • Slamat pagi dok.. Saya dari Lampung mau tanya ..bapak saya udah 6 hari dirumah sakit.. Di vonis ginjal rusak dan sudah tranfusi darah 8 kantong karena dari hasil uji lab hb darah 4,7.. Dan ureum 150.5 stelah dbribobat dan tranfusi 6 kantong hb naik menjadi 6,7 ..dan ureum turun tidak begitu signifikan menjadi 110.. Apakah masih harus transfusi dan nantinya harus menjalani cuci darah? Ataau masih bisa di obati?

    Halo Dedi, Gagal ginjal adalah istilah kedokteran untuk menggambarkan fungsi ginjal yang menurun. Berdasarkan waktu terjadinya, gagal ginjal dibedakan menjadi :

    1. gagal ginjal akut (GGA) - terjadi secara tiba-tiba, disebabkan oleh :
      • menurunnya aliran darah ke ginjal
      • sumbatan saluran kemih
      • kerusakan langsung pada ginjal
    2. gagal ginjal kronik (GGK)- terjadi secara bertahap setidaknya lebih dari 3 bulan, sering dikaitkan dengan penyakit metabolik, seperti hipertensi, diabetes melitus, dan sebagainya GGK biasa ditandai dengan peningkatan sisa metabolit ginjal (ureum, kreatinin, asam urat), kurang darah/ anemia (ditandai melalui parameter hemoglobin (HB)), tekanan darah tinggi (hipertensi)
    Berdasarkan deskripsi Anda di atas, kemungkinan ayah Anda mengalami GGK. Namun, lebih baik dikonsultasikan kembali dengan dokter penyakit dalam yang menanganinya karena dokter tersebut yang paling memahami kondsi ayah Anda saat ini. Transfusi darah diindikasikan bila kadar HB kurang dari 7 ATAU antara 7-10 yang disertai penyulit lain, misalnya infeksi berat, gagal jantung, gagal ginjal, dan lain-lain. Dengan demikian, ayah Anda masih memerlukan transfusi darah hingga HB mencapai 10 atau lebih. Di samping itu, penyebab anemianya sendiri juga perlu ditangani. Jika diperkirakan terkait dengan gagal ginjal akibat defisiensi eritropoeitin, maka diperlukan tambahan komponen tersebut dalam darah (tersedia dalam bentuk obat suntik). Sedangkan cuci darah pada penyakit gagal ginjal diindikasikan untuk kasus gagal ginjal stadium akhir dan/ atau sebagai tindakan penyelamatan nyawa karena ginjal telah gagal mengeluarkan sisa limbah kimia dan garam tubuh yang yang bersifat toksik/ racun. Diskusikanlah hal ini dengan dokter yang menangani ayah Anda. Salam, dr.Lili  

    Dedi Kurniawan  Dedi Kurniawan
    Anggota

    Trimakasih dok informasinya... Nanti saya konsultasikan lagi.. Setelah searching google ada beberapa distributor obat herbal yg menawarkan bisa memperbaiki fungsi ginjal secara bertahap.. Menurut ilmu kedokteran apakah bisa ditempuh metode pengobatan tersebut.. Terimakasih banyak sebelumnya dok :)