Tanya Dokter

  • benjolan di lipatan paha yang bisa hilang bila ditekan

  • dok, adik saya perempuan berumur 16tahun. di lipatan paha terdapat benjolan, bila ditekan bisa hilang, bila dipakai berbaring juga hilang tapi katanya tidak sakit. apa itu hernia dok? bahaya tidak ya dok? apa perlu di operasi?. terimakasih atas jawabanya

    Hai,   Untuk memastikan apa jenis benjolan maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan fisik yang diperlukan untuk menilai karakteristik benjolan tersebut. Hernia merupakan suatu kondisi dimana terjadi pelemahan otot di daerah inguinal (selangkangan) yang bisa menyebabkan usus turun ke bagian yang lemah tersebut akibat tekanan tinggi di perut. Jika usus  yang turun tidak mengalami jepitan / komplikasi maka benjolan bisa menghilang sendiri dengan perubahan posisi (berbaring) dan dengan bantuan dorongan ringan dari ujung benjolan. Jika dibiarkan tanpa diobati maka kondisi kelemahan otot bisa semakin parah sehingga organ / usus yang turun bisa semakin banyak dan bisa menimbulkan komplikasi  seperti usus terpuntir/ terjepit yang bisa menimbulkan gejala nyeri dan membahayakan kondisi penderita. Hernia umumnya terbagi berdasarkan letaknya, yaitu:

    1. Hernia femoralis yang terjadi saat ada jaringan lemak atau sebagian usus yang mencuat ke bagian atas paha bagian dalam atau ke selangkangan.
    2. Hernia inguinalis yang terjadi saat ada sebagian usus yang menjulur dari abdomen bawah dan mencuat ke selangkangan.
    3. Hernia umbilikus yang terjadi saat ada jaringan lemak atau sebagian usus menjulur keluar abdomen dan mencuat di dekat pusar.
    4. Hernia insisi yang terjadi saat ada jaringan yang mencuat lewat luka operasi yang belum sembuh di abdomen.
    5. Hernia hiatus yang terjadi saat ada bagian perut yang masuk lewat celah pada diafragma (sekat antara rongga dada dan rongga perut) dan mencuat ke rongga dada.
    6. Hernia Spigelian yang terjadi saat ada sebagian usus menjulur dari abdomen pada otot perut bagian samping dan mencuat di bawah pusar.
    7. Hernia epigastrik yang terjadi saat ada jaringan lemak yang mencuat keluar dari abdomen di antara pusar dan tulang dada bagian bawah.
    Pengobatan hernia adalah dengan memperkuat kelemahan otot yg terjadi dengan penjahitan. Tindakan ini dilakukan dengan operasi dan pemasangam mesh untuk memperkuat bagian yang melemah tadi.   Semoga membantu.   dr. Yusi