Tanya Dokter

  • Tanda awal terjadi kehamilan

  • Dok, saya mau bertanya. Saya dari masa nifas saya KB suntik 3 bulan pertama dari bulan April awal sampai Juli awal, dan saya suntik KB yg kedua bulan Juli awal sampai Oktober awal, nah yg seharusnya saya suntik di awal bulan Oktober, saya malah tidak suntik dok, dan sekarang akhirnya sudah lewat sebulan, tapi kenapa saya tidak dapat haid ya dok ? Saya malah seperti subur lagi karena saya sering mengeluarkan cairan seperti keputihan padahal saya sudah menjaga kebersihan miss V. Dan saya selama tidak suntik KB selama sebulan itu saya sudah 3 kali berhubungan dengan suami saya tetapi dipastikan tidak mengeluarkan cairannya didalam,*MAAF, karena memang saya disaat itu takut kalau saya akan hamil lagi dok. Tolong dijawab pertanyaan saya ini ya dok, untuk mengurangi rasa kekhawatiran saya selama ini. Terimakasih.

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

     

    Kehamilan merupakan proses pembuahan yang terjadi setelah melakukan hubungan seksual antara pria dan wanita. Bertemunya sel sperma dan sel telur kemudian terjadi implantasi (tertanam) di rahim. Kehamilan masih dapat terjadi (walaupun lebih kecil kemungkinannnya) saat suami mengeluarkan sperma 'diluar', sebab selama berhubungan suami akan mengeluarkan cairan mani yang juga mengandung sejumlah sperma. Untuk memastikan kehamilan diperlukan pemeriksaan kadar hormon kehamilan melalui urine atau test pack. Terlambat haid belum tentu tanda pasti kehamilan, bisa jadi siklus menstruasi anda sedang terganggu.

    Kemungkinan yang menyebabkan menstruasi tidak teratur yakni :

    -Ketidakseimbangan hormon reproduksi

    -Tingkat Stress tinggi

    -Pola hidup yang tidak sehat (sering konsumsi junkfood, kurang istirahat, merokok)

    -Aktifitas fisik berat / kelelahan

    -Penyakit pada organ reproduksi misalnya kista ovarium, mioma, Polikistik Ovarium, dan lainnya

    -Pengunaan kontrasepsi berbasis hormon berupa pil KB ,suntikan KB, maupun KB implan

     

    Perlu anda ketahui sebelumnya, menstruasi yang normal pada wanita terjadi setiap 21-35 hari dan berlangsung sekitar 3-7 hari. 

    Sebaiknya anda dengan dokter spesialis kandungan apabila gangguan siklus menstruasi berlangsung terus menerus. Dokter akan melakukan wawancara dan pemeriksaan secara langsung. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan kadar hormon dan USG perut untuk menilai penyebab keluhan gangguan menstruasi yang anda alami. Dokter mungkin juga akan melakukan pemeriksaan urine dengan test pack untuk memastikan anda tidak sedang hamil.

     

    Beberapa hal yang dapat anda lakukan dirumah :

    -Kelola stress dengan baik. Stress bisa jadi pemicu ketidakseimbangan hormon.

    -Makan sehat dan bergizi

    -Hindari konsumsi junkfood

    -Minum air minimal 3liter/hari

    -Beristirahat cukup minimal 8 jam/hari

    -Hindari konsumsi alkohol dan rokok

     

    Terkait keputihan,  vagina normal mengluarkan lendir berwarna putih atau agak kecoklatan, tidak berbau, tidak menimbulkan gatal atau ruam di daerah kemaluan. Apabila lendir anda berwarna kekuningan atau kehijauan, berbau amis, menimbulkan gatal, maka keluarnya lendir tersebu disebabkan adanya infeksi daerah kewanitaan.

     

    Semoga bemanfaat

    Salam, dr. Natalia