Tanya Dokter

  • Kenapa selalu lecet setiap berhubungan intim pasca menstruasi?

  • malam dok ....

    saya mau bertanya ..

    kenapa nya setiap berhubungan intim pasca menstruasi selalu lecet...kenapa ya dok ?

    saya selalu pakai Albhotil di oleskan ke bagian yg lecet nya,kadang dipakai stlh mandi (cebok) dan setelah itu 2-3hari kering apa itu bagus dok?

    tapi kejadian ini tidak rutin setiap bulan. sy sudah sering konsul ke bidan tapi mereka mengatakan itu cuma lecet biasa dan mungkin lubang ramih sy yang kecil.

    lalu apa yang harus sy lakukan dan apa obat nya dok ?

    Shivany Milano  Shivany Milano
    Anggota

    Shivany Milano June 7, 2015 at 12:24 am Dear AloDokter …. Saya mau bertanya .. kenapa setiap berhubungan intim dengan suami pasca menstruasi vagina sy selalu lecet,dok ? saya selalu pakai Albotil di oleskan ke bagian yg lecet tsb,kadang dipakai stlh mandi (cebok) jg dan setelah itu 2-3 hari lkemudian lecetnya itu kering/hilang. Apa Albotil bagus utk kesehatan utk pemakaian jangka panjang? Tapi kejadian "lecet" tsb tidak rutin setiap bulan setiap berubungan intim. Dan sy sudah sering konsul jg ke temen yg merangkap sbg bidan & mengatakan itu cuma lecet biasa dan mungkin lobang vagina sy yg kering & kecil pada saat itu atau karena Mr.P suami sy yg besar & kering serta banyak berbulu di  1/2 bagian batangnya?. Lalu apa yang harus sy lakukan dan apa obat nya dok ? Sebelum & sesudahnya sy ucapkan banyak terimakasih  
     

    Halo,   Lecet atau iritasi yang timbul pasca berhubungan intim setelah menstruasi bisa disebabkan karena :

    • Vagina yang terlalu kering
    • Masa pemanasan (foreplay) yang kurang lama.
    • Terlalu sering menggunakan pembersih kewanitaan yang bersifat bisa merapatkan dan mengeringkan
    • Iritasi akibat kondom, pembalut, sabun dll.
    • Hubungan seks yang terlalu terburu buru
    • Posisi berhubungan yang kurang nyaman.
    • Infeksi menular seksual = herpes genital dll.
    • dll.
    Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan Anda maka pemeriksan perlu dilakukan oleh tenaga ahli saat keluhan sedang Anda alami, dengan begitu dokter atau tenaga medis lain yang terlatih bisa mengetahui dan menilai kondisi "lecet" Anda dan menentukan apa penyebabnya. Dokter juga memerlukan pemeriksaan lain seperti tes darah, tes urin dll jika diperlukan untuk melihat kondisi Anda. Penanganan akan diberikan sesuai dengan penyebab keluhan Anda. Penggunaan albothyl jangka panjang hingga saat ini tidak memiliki efek samping asalkan digunakan sesuai dengan aturan dari etiket yang tercantum pada kemasan. Karena obat bersifat sangat iritatif maka sangat disarankan untuk membaca etiket secara baik dan seksama dan melakukan pencucian vagina dengan obat ini sesuai anjuran dokter / etiket pada kemasan. Untuk mengurangi "lecet" pasca behubungan Anda bisa melakukan beberapa langkah seperti :
    1. Menggunakan cairan pelumas tambahan.
    2. Melakukan foreplay yang cukup lama.
    3. Berkomunikasi dengan pasangan untuk mendapatkan posisi dan gaya yang nyaman serta hubungan intim yang tidak terburu buru.
    Baca topik Nyeri saat berhubungan intim. Semoga membantu.   dr. Yusi