Tanya Dokter

  • apa ini gejala mengihitis?

  •  Katt Devya
    Anggota

    Dok, mama saya sedang sakit hampir seminggu sudah berobat 2x tp masih belum mendingan , gejalanya itu demam , mual , muntah ,dan sakit kepala hebat , sudah di beri obat tp sakit kepalanya belum berkurang juga , apa dokter bs beri penjelasan tentang penyakit mama saya ? Terimakasih.

    Hai,   Untuk mengetahui penyebab pasti keluhan ibu Anda maka pemeriksaan fisik dan tes medis akan diperlukan untuk mendeteksi kesehatan ibu Anda. Dengan begitu penanganan yang optimal bisa diberikan dan gejala yang dikeluhkan akan bisa diatasi. Mendiagnosa meningitis tanpa melakukan pemeriksaan fisik sangat sulit dilakukan. Keluhan demam, dan keluhan lain yang Anda sampaikan > 1 minggu tanpa adanya perbaikan bisa disebabkan karena :

    1. Infeksi Thypoid (Tifus)
    2. Demam berdarah Dengue (DBD)
    3. Meningitis / Radang selaput otak
    4. Ensefalitis / Radang otak
    5. Hepatitis
    6. Infeksi ginjal
    7. dll
    Pemeriksaan fisik dan tes medis seperti tes darah, tes urine, USG, CT SCAN, dll bisa membantu mendeteksi kelainan medis yang menyebabkan keluhan ibu Anda. Maka dari itu segera periksakan kondisi ibu Anda ke dokter spesialis penyakit dalam jika tetap tidak mengalami perubahan dengan pengobatan yang telah diberikan. Untuk mengurangi keluhan ibu Anda maka beberapa cara dibawah ini bisa Anda lakukan yaitu :
    1. Banyak minum air putih.
    2. Makan gizi seimbang dengan porsi kecil dan lunak
    3. Minum obat sesuai anjuran dokter
    4. Hindari makanan penyebab sakit kepala dan makanan yang menimbulkan mual seperti teh, kopi, coklat, alkohol, makanan berlemak dan berminyak, makanan asam dan pedas dll
    5. Istirahat cukup.
    6. Tetap beraktivitas ringan, jangan terlalu banyak berbaring diam.
    7. Kompres hangat untuk menurunkan demam.
    8. Minum obat pereda nyeri dan penurun demam seperti paracetamol.
    Meningitis merupakan infeksi yang terjadi pada selaput otak yang disebabkan oleh virus / bakteri. Gejala utamanya adalah demam tinggi, kaku pada leher dan sakit kepala. Jika Anda mencurigai terjadinya meningitis pada ibu Anda maka segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter sesegera mungkin agar bisa mendapatkan pengobatan. Baca beberapa topik terkait di bawah ini
    1. Apa saya Meningitis?
    2. Sakit kepala
    Semoga membantu.   dr. Yusi