Tanya Dokter

  • apa ini gelaja kanker servik?

  • siang dok.. saya melliana dok mau tanya dong dok..

    saya sering bnget ngalami keputihan dok berbau sampai gatal dok udah ga wajar dok sering banget sekarang saya merasakan sakit (nyeri) di punggung sudah 2 hari ini.. apa inj gejala kanker servik dok?

    trus dok kalo mau periksa buat mengetahui kanker atau tidak nya biaya ya nya mahal ga dok? kira kira berapa ya dok? makasih dok ditunggu jawabannya dok

    Hai, Keputihan merupakan hal yang sangat sering dialami oleh seorang wanita. Keputihan dapat disebabkan oleh proses normal tubuh maupun tidak. Keputihan yang normal pada umumnya tidak berbau, tidak berwarna dan tidak menimbulkan gatal atau sakit pada daerah kewanitaan. Keputihan yang tidak normal dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya :

    1. Kanker rahim
    2. Kanker serviks - biasanya keputihan berwarna merah muda, coklat, atau mengandung darah dan berbau aneh
    3. Infeksi jamur - cairan putih susu, gatal, tidak berbau
    4. Infeksi trichomoniasis - cairan kuning kehijauan, berbau amis, perih
    5. Infeksi bakterial vaginosis - cairan putih keabuan, berbau amis
    6. dan lainnya
    Untuk mengetahui penyebab pasti keputihan, Anda sebaiknya memeriksakan diri secara langsung ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan medis lain, seperti memeriksa sampel dari keputihan Anda. Jika menderita kanker serviks, biasanya pada penderita stadium awal tidak menunjukan gejala apa-apa. Jika sudah mulai memasuki stadium yang lebih lanjut maka gejala-gejala ini dapat timbul :
    • Keputihan
    • Perdarahan dari vagina diluar siklus mesntruasi, biasanya setelah berhubungan seksual
    • Rasa sakit saar berhubungan seksual
    • Perubahan kebiasaan buang air besar dan kecil
    • Terdapat darah saat buang air kecil
    • Pembengkakan pada ginjal, hal ini dapat menyebabkan nyeri punggung
    • dan lainnya
    Namun, penyebab nyeri punggung sangatlah banyak dan belum tentu merupakan penanda kanker serviks. Untuk membaca mengenai penyebab nyeri punggung Anda dapat membuka halaman berikut : Penyebab Nyeri Punggung. Untuk deteksi dini kanker serviks dapat menggunakan metode papsmear maupun IVA (inspeksi visual asetat). Kedua metode pemeriksaan ini tertanggung dalam BPJS kesehatan. Dengan mengisi formulir permohonan pelayanan pemeriksaan deteksi kanker di kantor cabang BPJS, peserta dapat mengunjungi fasilitas kesehatan primer untuk melakukan pemeriksaan tersebut. Apabila tidak menggunakan BPJS kesehatan maka biaya akan bervariaso tergantung dimana Anda melakukan pemeriksaan.   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.