Tanya Dokter

  • Gejala penyakit kanker otak

  •  Raraaa
    Anggota
    Siang dok Dok apakah benar gejala kanker otak ada dibagian perut yg sakit dulu baru menjalar ke kepala? soalnya ada dokter yg bilang seperti itu? Merasakan sakit diperut dahulu Terimakasih dok

    Hallo Raraaa

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Kanker otak adalah tumor otak ganas yang dapat menyebar dengan cepat ke bagian lain dari otak dan tulang belakang. Dimaa tumor otak sendiri adalah pertumbuhan sel-sel otak yang tidak wajar dan tidak terkendali. Pada otak, tumor dapat berkembang dari sel yang menyusun jaringan otak, dari saraf yang keluar-masuk ke otak, dan dari selaput pelindung otak dan saraf tulang belakang (meninges). Menurut asalnya, kanker otak terbagi menjadi dua yaitu primer dan sekunder. Kanker otak primer adalah kanker yang asal pertumbuhannya pada otak sendiri, sedangkan kanker otak sekunder adalah kanker otak yang berasal akibat penyebaran kanker pada bagian tubuh lain, misalnya pada saluran cerna atau kanker paru-paru. Gejala kanker otak bermacam-macam tergantung dari ukuran, letaknya dan seberapa cepat perkembangan kanker ini di otak. Gejala utama yang terjadi biasanya adalah akibat keberadaan masa kanker yang menekan otak atau akibat masa kanker ini menghalangi suatu bagian otak untuk berfungsi seperti biasanya. Jika tekanan di dalam rongga kepala naik akibat adanya tumor ganas, gejala-gejala berikut ini bisa terjadi:

    • Sakit kepala yang tidak tertahan dan berkelanjutan.
    • Muntah-muntah yang terjadi secara mendadak dan tanpa alasan yang jelas.
    • Epilepsi atau kejang-kejang. Bisa terjadi di seluruh tubuh atau terjadi kedutan pada satu area tubuh tertentu saja.
    • Mudah lupa, marah, mengantuk, atau acuh.
    • Kehilangan sebagian penglihatan atau pendengaran.
    • Perubahan kepribadian, seperti perilaku abnormal dan tidak seperti karakter biasanya.

    Selain hal diatas, fungsi otak dalam berbagai hal bisa terganggu, misalnya:

    • Kejang-kejang atau pingsan, mendengar suara di dalam kepala dan gangguan bicara atau mengingat merupakan gejala adanya tumor di otak bagian samping.
    • Perubahan kepribadian, kelemahan di salah satu sisi tubuh, kehilangan keteraturan, apatis (tidak lagi peduli pada sekitar dan dirinya sendiri), serta gangguan indera penciuman dan penglihatan adalah gejala munculnya tumor di otak bagian depan.
    • Gangguan indera penglihatan pada satu sisi adalah gejala tumor di otak bagian belakang.
    • Kesulitan dalam memahami kata-kata, gangguan berbicara, menulis, membaca dan mengatur gerakan tertentu, serta mati rasa di salah satu sisi tubuh bisa terjadi adalah beberapa gejala tumor di otak  bagian tengah.
    • Ketidakseimbangan tubuh, kesulitan berjalan, melemahnya otot-otot muka, gangguan penglihatan, berbicara dan menelan bisa disebabkan oleh tumor pada batang otak.
    • Sakit kepala, gangguan penglihatan dan gerak tubuh bisa menjadi tanda adanya tumor pada selaput otak.
    • Kehilangan koordinasi tubuh, kesulitan berjalan dan berbicara, mata berkedut, muntah-muntah, dan leher terasa kaku adalah gejala yang mungkin terjadi jika tumor terletak pada otak kecil.

    Untuk memastikan adanya tumor ganas atau kanker otak tentu harus dilakukan pemeriksaan oleh dokter dan juga dilakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan CT Scan atau MRI otak. Mengenai gangguan saluran cerna seperti sakit pada perut belum tentu merupakan suatu tanda dari kanker otak, bisa saja nyeri ini disebabkan oleh berbagai hal lain dan bukan karena kanker. Namun sebagaimana telah saya jelaskan sebelumnya bahwa kanker otak bisa diawali dari adanya kanker di bagian tubuh lain yang kemudian menyebar ke otak. Sehingga bisa saja kanker pada saluran cerna menyebar menuju otak. Dimana kanker saluran cerna bisa saja menimbulkan gejala nyeri pada perut.

    Semoga jawaban ini membantu anda.

     

    dr. Aldy Valentino