Tanya Dokter

  • Penyebab denyut jantung berdetak tidak beraturan

  •  Audinaa FY
    Anggota
    Dok saya audina saya berumur 18 tahun, saya tadi periksa ke klinik dan dokter itu bilang denyut jantung saya cepat tidak beraturan dan saya dapat rujukan ke dokter jantung itu bagaimana ya dok apa saya mengalami lemah jantung

    Halo Audinaa......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami kemungkinan mengarah ke yang dalam bahasa medis disebut sebagai takikardia, yaitu keadaan dimana detak jantung seseorang diatas normal dalam kondisi beristirahat, yaitu lebih dari 100 kali per menit.

    Selain detak jantung yang cepat, takikardia juga dapat menimbulkan gejala yang lain, diantaranya adalah : nyeri pada dada, merasa kebingungan, tiba - tiba merasa lelah, jantung berdebar-debar, nafas menjadi pendek atau sesak, pusing, kepala terasa ringan.

    Penyebab takikardia memang dapat dipicu oleh karena gangguan kesehatan jantung. Akan tetapi, selain oleh karena hal tersebut, takiKardia juga dapat disebabkan oleh : hipertiroidisme, anemia, tekanan darah tinggi, efek samping pengobatan tertentu, ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh.

    Untuk mengetahui penyebab pastinya, maka segeralah menemui dokter spesialis penyakit jantung, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga segala sesuatunya terang dan jelas.

    Salam,

    Dr. Jati