Tanya Dokter

  • Apa ini termasuk bingung puting?

  • Selamat malam dok. Bayi saya prematur. Skrg usia 3 bln. Oleh dokter spesialis anak disarankan untuk tambah sufor BBLR, sehari cukup 2x sejak usia 2 bln. Tapi akhir2 ini anak sering rewel, sudah haus tp tetap menolak untuk d beri asi. Tapi ketika dikasi botol susu langsung dihabiskan stelah itu baru mau nenen lagi. Apa ini yg d maksud bingung puting? Kalo iya kenapa dia mau nenen stelah sufor? Trimakasih.

    Hai Irene,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Perlu diperjelas sebelumnya, dengan cara apa Anda memberikan ASI? Apakah dengan menyusu langsung dari payudara?

    Jika ya, maka benar kemungkinan yang terjadi pada anak Anda adalah bingung puting. Bayi yang sudah terbiasa menyusu menggunakan dot umumnya akan cenderung merasa nyaman dengan aliran susu yang cukup deras tanpa perlu bersusah-susah menyedot. Hal ini tentu berbeda dengan jika ia menyusu langsung dari payudara, karena bayi perlu menstimulasi puting terlebih dulu guna memancing LDR (let down refleks, refleks ejeksi ASI). Karenanya, bayi bisa menjadi rewel karena tidak sabar menunggu ASI yang tidak langsung keluar sebagaimana saat ia menyusu menggunakan dot.

    Selain karena penggunaan dot, bayi bisa juga enggan menyusu langsung karena kelainan anatomis, misalnya tongue tie atau lip tie.

    Apabila kondisi ini tidak ditangani, maka produksi ASI bisa semakin berkurang akibat jarang disusui. Karenanya, sebaiknya Anda siasati kondisi ini dengan cara berikut:

    • Hindari pemberian susu formula menggunakan dot, ganti dengan sendok, cupfeeder, atau pipet
    • Bantu tingkatkan produksi ASI Anda dengan cara berikut:
      • Rajin mengosongkan payudara. Jika bayi saat ini sulit untuk menyusu langsung dari payudara, Anda bisa memerah ASI Anda setiap 2 jam sekali untuk sementara waktu.
      • Perbanyak minum 8-12 gelas air perhari
      • Makan makanan yang sehat dan bergizi
      • Cukup istirahat
      • Hindari stres
    • Secara perlahan, bantu bayi untuk lebih sering menyusu langsung dari payudara Anda. Untuk mencegah bayi mengamuk, susui setiap 1 atau 2 jam sekali, jangan menunggu bayi terlalu lapar. Bantu rangsang LDR dengan menstimulasi puting Anda sambil menyusui bayi Anda di payudara sisi lainnya.

    Menyusui ASI kembali (relaktasi) memiliki tingkat keberhasilan yang sangat tinggi jika dilakukan dengan segera sebelum bingung puting terjadi semakin lama. Tidak mudah memang, namun juga bukan tidak mungkin.

    Apabila Anda merasa kesulitan, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter konsultan laktasi di fasilitas kesehatan terdekat ya..

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah