Tanya Dokter

  • Apa ini termasuk bingung puting?

  • Selamat malam dokter, anak saya lahir prematur, oleh dr. Sp. A diminta tambah sufor BBLR mulai umur 2 bln. Sekarang anak sudah umur 3 bln dan mulai rewel kalau d gendong tidak mau nenen asi. Kalau dikasi sufor langsung tangis nya berhenti. Setelah sufor 60 ml habis baru mau nenen asi lagi. Untuk jatah sufor sehari hanya 2x pagi dan malam Apa ini termasuk bingung puting?? Bagaimana solusinya dng kondisi dy harus minum sufor jg selain asi?

    Halo Irene, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Kelahiran prematur adalah kelahiran yang terjadi pada usia kehamilan 37 minggu atau lebih awal. Sedangan BBLR adalah Berat Badan Lahir Rendah tanpa melihat usia kelahiran. Namun, kedua kondisi tersebut saling terkait satu sama lain. Komposisi ASI pada ibu denga bayi prematur disesuaikan dengan kondisi bayi. Sehingga dapat dikatakan berbeda komposisi ASI dengan ibu yang melahirkan bayi dengan usia kehamilan yang cukup. Tubuh Ibu sangat menyesuaikan dengan kebutuhan sang bayi. Adapun kandungan ASI pada bayi prematur yang lebih besar pada kandungan protein, imunoglobulin, asam lemak, natrium, zat besi. 

    Selain itu, perlunya asupan susu formula di luar ASI memang disesuaikan dengan pertumbuhan dan perkembangan bayi. Jika memang dokter spesialis anak Anda sudah menyarankan hal tersebut, memang sudah disesuaikan dengan kondisi bayi Anda. Adanya pergantian antara menghisap dot dan puting payudara maka sangat wajar jika terjadi bingung puting. Dikatakan bingung puting jika bayi mengalami kesulitan menempelkan mulut ke puting susu sang bunda setelah sang bayi mengenal dot. Hal ini dikarenakan bayi lebih mudah menghisap dari dot dan memerlukan usaha yang lebih sedikit dibandingkan harus menghisap langsung dari payudara. Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadi bingung puting adalah sebagai berikut: 

    1. Menggunakan dot yang menyerupai bentuk puting sang bunda
    2. Menggunakan dot dengan lubang yang tidak terlalu besar sehingga aliran susu disesuaikan dengan aliran dari payudara sang bunda
    3. Jangan menunggu bayi dalam kondisi kelaparan 
    4. Sebelum menyusui, usahakan untuk memompa terlebih dahulu agar bayi langsung dapat mendapt susu. Biasanya bayi membutuhkan waktu 1-2 menit menghisap hingga ASI keluar, dan waktu ini bisa dibantu untuk dengan memompa atau melakukan massage pada payudara
    5. Cari posisi menyusui yang nyaman dan perlekatan dengan mulut bayi yang optimal yaitu dimana bagian areola payudara masuk ke dalam mulut bayi.

     

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam, dr. Tiwi