Tanya Dokter

  • Nyeri saat kencing dan berbau tajam

  • Malam dok, dok knp saat mau buang air kecil terasa skit dan gatal air pipisny pun bau ny tjam tdk kya sepertiny, apa penyebab dan bgaimn cra pengobatanny. Ap itu termsuk infeksi saluran kemih?

    Hai Lalah,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Pada wanita, nyeri saat buang air kecil, gatal, dan juga urin yang berbau menyengat memang paling sering diakibatkan oleh infeksi pada saluran kemih (ISK). Kerap kali, infeksi ini bahkan muncul cukup hebat, hingga membuat penderitanya perlu mendapatkan penanganan intensif di rumah sakit.

    ISK lebih rentan dialami wanita karena jarak antara lubang kencing (meatus uretra eksterna) dengan anus (dubur) yang sangat dekat dibandingkan pria. Selain itu, risiko wanita mengalami ISK pun akan meningkat jika wanita tersebut sudah aktif berhubungan seksual, sedang hamil, kebersihan kurang baik, atau memiliki gangguan terkait sistem imunitas, misalnya karena konsumsi steroid jangka panjang, HIV/ AIDS, diabetes, dan sebagainya.

    Di samping ISK, berbagai keluhan yang Anda alami mungkin juga diakibatkan oleh diabetes (gula darah tinggi), sistitis (infeksi kandung kemih), urolithiasis (batu saluran kemih), nefrolithiasis (batu ginjal), pyelonefritis (infeksi ginjal), overactive bladder, infeksi menular seksual (misalnya gonorrhea, candidiasis, Herpes genital), dan sebagainya.

    Anda bisa memeriksakan diri secara langsung ke dokter guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, seperti tes urin, tes darah, rontgen, ataupun USG. Penanganan selanjutnya akan disesuaikan dengan penyebab keluhan dan juga gejala yang dirasakan. Jika benar terjadi karena ISK, umumnya dokter akan memberikan obat-obatan seperti antibiotik dan obat lain guna mengatasi keluhan Anda.

    Sebagai langkah awal, Anda sebaiknya perbanyak minum air putih (8-12 gelas perhari). Jangan membiasakan menahan hasrat untuk BAK dan senantiasa bersihkan organ intim sehabis BAK (dari arah vagina ke anus, bukan sebaliknya). Tidak lupa, hindari hubungan seks yang tidak aman, misalnya bergonta-ganti pasangan, berhubungan seks dengan orang yang tidak jelas riwayat seksualnya, terlebih dengan PSK.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah