Tanya Dokter

  • Apa itu infeksi darah?

  •  fahri lanio
    Anggota
    Alo dok. Saya fahri umur 18 tahun. Semalam sayan demam tinggi sakit kepala dan mual/muntah. Terus besokny saya pergi ke dokter untuk di periksa, setelah di perksa ternyata saya kena inveksi darah kemudian saya di kasih obat demam suplemen makanan dan untuk daya tahan tubuh dan kata dokter tsb jika obat yg di kasih sudah habis terus saya masih demam saya harus melakukan pemeriksaan darah. Sya mau tany apa inveksi darah itu berbahaya dok??

    Halo Fahri

    Hal yang paling sering dikaitkan dengan istilah "infeksi darah" adalah septikemia. Septikemia merupakan kondisi dimana bakteri sebagai sumber infeksi masuk ke dalam aliran darah. Kondisi ini termasuk berbahaya sebab bakteri dan toksin yang dibawanya beredar ke seluruh tubuh dan dapat menyebab kerusakan multi organ (sepsis).

    Menegakkan diagnosis septikemia tidaklah sederhana. Diperlukan pemeriksaan lengkap, mulai dari pemeriksaan langsung, tes darah, tes urin, rontgen, atau bila perlu CT scan. Sulit mendiagnosis septikemia jika hanya dari keluhan saja. Dilihat dari kasus Anda maka saat ini belum jelas infeksi darah yang dimaksud.

    Demam tinggi, sakit kepala, dan mual/muntah keluhannya tidak khas. Sebab keluhannya mungkin karena infeksi, bisa virus, bakteri, atau kuman lainnya. Lokasi infeksipun bermacam-macam, mungkin di saluran cerna, saluran nafas, kulit, saluran kemih, dan lokasi lainnya. Dilihat dari terapi dokter yang memeriksa Anda ada kemungkinan dokter itu menduga infeksinya dari virus (dokter tidak memberikan antibiotik). Hal ini sangat masuk akal karena memang demam 1-2 hari biasanya hanya infeksi virus dan dapat sembuh sendiri dengan daya tahan tubuh dan obat-obat simtomatik (mengatasi gejala). Ikutilah instruksi dokter jika memang demamnya masih menetap.

    Beberapa tips kesehatan untuk Anda:

    • Jaga pola makan sehat yang teratur
    • Istirahat cukup
    • Perbanyak minum air putih
    • Hindari rokok dan alkohol
    • Jaga kebersihan air, sumber makanan, peralatan pribadi, dan lingkungan tempat tinggal ataupun tempat kerja

    Semoga bermanfaat

    dr. Muhammad Fadhil