Tanya Dokter

  • Kaki anak sering sakit. Apakah ciri growing pains ?

  • Malam dok, anak saya berusia 2,5thn. Akhir-akhir ini sering mengeluhkan kakinya yg sakit. Sakit yg di rasa saat malam hari dan hanya kaki sebelah saja,lebih sering kaki kanan. Aktifitas yg di lakukan juga seperti layaknya anak kecil pada umumnya. Lari-lari,loncat-loncat. Saya juga mau tanya apa itu pain growth? Apa bisa di sembuhkan? Apa yg anak saya alami juga termasuk pain growth? Terima kasih atas jawabannya

    Halo Bunda, terimakasih atas pertanyaan Anda

    Growing pains adalah nyeri yang utamanya melibatkan otot dibandingkan persendian. Tidak semua anak mengalami kondisi ini, insidensinya sekitar 25-40%. Periode kemunculannya terbagi menjadi dua puncak waktu, yaitu sekitar usia 3-5 tahun dan 8-12 tahun. Sebagian besar anak mengeluhkan nyeri kaki pada bagian depan paha atau belakang lutut. Pada kondisi yang serius, persendian bisa mengalami pembengkakan, kemerahan, dan ikut terasa nyeri.

    Gejala growing pains biasanya dialami pada sore hari menjelang malam, bahkan terkadang membangunkan anak dari tidurnya. Hingga saat ini penyebab pastinya belum diketahui dengan jelas. Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa pertumbuhan tulang yang menyebabkan munculnya rasa nyeri. Para ahli menghubungkan kondisi ini dengan aktivitas yang dilakukan anak, seperti melompat, memanjat, dan berlari. 

    Terkait keluhan yang dialami anak Anda, sebaiknya diperiksakan dahulu ke dokter. Melalui pemeriksaan langsung, dokter akan memastikan keberadaan tanda-tanda peradangan tulang, sendi, tendo, atau otot. Bila diperlukan, dokter bisa menganjurkan pemeriksaan tambahan, seperti tes darah ataupun rontgen. Setelah penyebab yang mendasari diketahui, barulah ditentukan penanganannya.

    Sambil menunggu pemeriksaan dokter, sebaiknya :

    • istirahatkan bagian tubuh yang sakit
    • pijat lembut atau kompres hangat pada bagian tubuh yang sakit 
    • bila diperlukan, konsumsi obat pereda nyeri ringan, seperti paracetamol

    Demikian, semoga bermanfaat ya

    dr. Lili