Tanya Dokter

  • Keamanan konsumsi Vitamam 1 saat program hamil

  • Siang dok. Saya ingin bertanya, tempo hari saya diberi vitamin namanya Vitamam 1. itu fungsinya untuk apa ya dok? sedangkan saya sedang tidak hamil. Spog/Spesialis langsung yang memberi resep dan saya tebus, tapi tidak ada keterangan lanjut mengenai fungsi dan kandungan apa yang ada didalam obat tersebut. Pertanyaannya, apakah selama mempersiapkan kehamilan saya boleh mengkonsumsinya? lalu berapa kali sehari dosisnya? Karena dokter kandungan hanya bilang minum saja setelah saya selesai Menstruasi dan saya juga tidak tanya sama apoteker, karena obat ini termasuk komersil jadi tidak ada resep dosis, hanya nama obat saja lalu suruh tebus. dan apa ada dampaknya jika saya barengi dengan penggunaan program obat herbal? seperti madu dan serbuk pucuk kurma dan vitamin e (ever e 250iu). apakah berbahaya? Terimakasih

    Halo Rianti Paramitasari, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Vitamam 1 adalah vitamin yang memiliki kandungan Asam folat 800 mcg, vitamin A 5,000 iu, vitamin B6 15 mg, vitamin B12 4 mcg, vitamin D 400 iu, Magnesium 100 mg, Zinc 15 mg, fructo-oligosaccharide 50 mg, ginger extr 200 mg. Vitamin ini ditujukan untuk diberikan pada wanita yang sedang mengalami kehamilan di trimester pertama. Beberapa bahan yang terkandung di dalam vitamin ini ditujukan untuk mengurangi mual muntah yang sering terjadi pada wanita hamil di trimester pertama kehamilannya. Pada wanita yang sedang merencanakan kehamilan, kandungan asam folat lah yang dibutuhkan, sehingga sebenarnya boleh-boleh saja vitamin ini diberikan pada wanita yang sedang merencanakan kehamilan. Vitamin ini tidak akan mengganggu program hamil yang sedang dijalankan. 

    Asam folat diberikan pada wanita yang sedang merencanakan kehamilan untuk mencegah terjadinya cacat lahir pada bayi berupa gangguan penutupan tuba neural pada bayi yang dapat menyebabkan penyakit seperti spina bifida, anensefali (tidak ada kepala), ataupun ensefalokel (terdapat penonjolan di kepala yang berisi otak dan selaput otak). 

    Anda dapat meminum suplemen Vitamam 1, atau minum suplemen yang berisi asam folat saja, beserta dengan Ever E, yang berisi vitamin E. Vitamin E merupakan salah satu antioksidan kuat yang salah satu fungsinya adalah untuk meningkatkan kesuburan, baik kesuburan pria ataupun wanita, sehingga memang dapat digunakan untuk membantu program hamil. Sementara itu madu dan serbuk pucuk kurma belum jelas fungsinya untuk meningkatkan kesempatan hamil.

    Selain menggunakan suplemen, sebaiknya anda dan pasangan anda melakukan hal-hal berikut  ini untuk meningkatkan kesempatan hamil:

    1. Melakukan hubungan seksual secara teratur terutama di sekitar masa subur
    2. Hindari semua faktor risiko yang dapat mengganggu kesuburan, seperti diet berlebih, kegemukan, merokok, minum alkohol, penggunaan obat-obatan terlarang, paparan radiasi dan polusi
    3. Olahraga teratur
    4. Makan makanan bergizi
    5. Menghindari stress
    6. Hindari berendam di air panas terlalu lama dan hindari penggunaan celana terlalu ketat (untuk pria)

     

    Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat

     

    dr. Irna Cecilia