Tanya Dokter

  • Apa iya hamil??

  • Dokter,, sy mau tanya nih sy kan keguguran dn masa kuret tgl 19 bln 4 kmrin ya. Tp kok sy gak dtng bulan lagi ya dok?? Trus kmrin sy kira dtng bln kan , tp trnyata gak dok cuma darah kluar dikit gak kental dsjnisnya. Sprti bercak aj dok. Lah masa iya sy bunting lg dok?? Kan hitungan nya rahim kuat gak mungkin dlm 1 bln kan dok ya, itu knapa dok??? Sy juga bru slsai operasi radang usus buntu dok hari selasa. Mohon petunjuk dokter

    Halo Ardila, 

    Terima kasih atas pertanyaanya, 

    Adanya keluhan yang Anda rasakan saat ini dapat disebabkan oleh berbagai hal. Pada kasus Anda, dimana sudah dilakukan tindakan kuret untuk menghabiskan sisa jaringan yang ada di dinding rahim tidak serta merta hormonal langsung normal secara langsung.Namun, tidak menutup kemungkinan juga hormonal sudah cukup dan tubuh siap untuk hamil. Jika memang kondisi Anda terjadi keterlambatan menstruasi maka dapat disebabkan adanya ketidakseimbangan dari hormonal. Berikut beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terlambatnya haid atau menstruasi adalah sebagai berikut: 

    1. Adanya kondisi medis yang mendasari. Adanya penyakit yang diderita seseorang dapat mempengaruhi secara keseluruhan di dalam tubuh termasuk hormon. Hal ini perlu pemeriksaan langsung oleh dokter dan pemeriksaan penunjang untuk mengetahui ada tidaknya penyakit medis yang mendasari.
    2. Kehamilan
    3. Nutrisi yag dikonsumsi. Nutrisi dan hidrasi yang tidak seimbang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh dan secara tidak langsung mempengaruhi hormonal.
    4. Kegemukan atau terlalu kurus dapat menjadi salah satu faktor ketidak teraturan menstruasi.
    5. Ada tidaknya stres atau tekanan psikologis yang di alami.
    6. Adanya kelelahan fisik. Hal ini dipertimbangakn jika terlalu banyak kegiatan yang dilakukan tanpa disertai dengan nutrisi yang cukup serta istirahat yang cukup.

    Adanya kecurigaan terhadap kehamilan sangat bergantung ada tidaknya pembuahan sel telur oleh sel sperma. Adanya proses pembuahan melalui hubungan seksual baik langsung atau pun petting. Maksudnya tidak harus ada kontak antara penis dan vagina melainkan jika sel sperma bertemu dengan sel telur maka kemungkinan untuk terjadi kehamilan Untuk memastikan adanya kehamilan atau tidak Anda perlu melakukan testpack dimana memeriksanakan kadar hormon B-HcG di dalam urine wanita, yaiu hormon tubuh yang meningkat pertama kali saat terjadi kehamilan.

    Untuk memastikan kondisi Anda saat ini, sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter agar dapat berkonsultasi tatap muka dan dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Sehingga dapat dilakukan penanganan yang lebih optimal demi mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut. 

     

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermafaat.

    Salam, dr. Tiwi