Tanya Dokter

  • Perut sakit, sesak napas, dan muntah darah

  •  Eliza S Dizzy
    Anggota

    Selamat siang dok. Saya elisa umur 19 tahun. 2 hari lalu setelah makan malam perut saya mendadak sakit luar biasa bahkan sampai terasa sesak untuk bernafas. Kurang lebih setengah jam setelah itu saya muntah darah. Darahnya sedikit agak kental seperti membeku tidak cair seperti biasanya. Saya punya gangguan lambung sudah lumayan lama, tetapi baru kali ini sampai mengalami muntah darah. Dan sampai sekarang, perut bagian atas saya masih sering terasa perih dan ngilu. Karna kegiatan saya, saya belum sempat tes lab untuk memastikannya. Kira-kira apa yang harus saya lakukan dok? Atau adakah obat apotik yang bisa saya beli?

    Halo,   Muntah darah merupakan tanda gangguan serius yang perlu diperiksakan segera agar diketahui penyebab dan diberikan pengobatan sesuai. Beberapa jenis penyebab muntah darah antara lain adalah :

    1. GERd
    2. Peradangan pada lambung
    3. Varises esofagus
    4. Kanker lambung
    5. Menelan zat kimia korosif
    6. Kelainan darah = hemofilia, leukemia dll.
    7. dll.
    Penyebab pasti keluhan Anda perlu diperiksakan secara seksama dan menyeluruh di dokter. Dokter akan melakukan tes fisik dan tes medis seperti USG, endoskopi, CT SCAN, tes darah dll. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan sesuai bisa diberikan. Meminum obat pereda asam lambung seperti omeprazol mungkin bisa membantu mengurangi peradangan pada lambung namun perdarahan yang terjadi perlu diperiksakan dan diobati secara seksama. Hindari makan makanan terlalu panas, asam dan pedas, hindari alkohol dan soda , hindari rokok dan patuhi jadwal makan sesuai agar mencegah kerusakan pada lambung Anda. Segera periksakan diri Anda agar bisa mendapatkan penanganan sesuai yang memadai dan mencegah komplikasi yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi