Tanya Dokter

  • Batuk berkepanjangan disertai sesak nafas

  •  febri rahayu
    Anggota
    Hallo dokter, , dok, saya mau nanya dok Adik saya 1 minggu kmren menderita sakit perut, sakit pungung dan juga batuk yang gak berhenti selama 1 bulan dan sesak nafas. Sudah berobat ke puskesma tetapi di kasih hanya obat penawar saja, 2 hari yang lau saya putuskan untuk membawa k rumah sakit, sampai rumah sakit langsung di suruh cek darah, ronsen dan penyedotan cairan dari punggung nya,, dokter memita adik saya untuk rawat inap.. Setelah 2 hari berlalu dokter belum ada memutuskan penyakit apa dok. Apa ini termasuk gejala tb dok?? Mksh dokter.

    Halo,

    Diagnosis suatu penyakit hanya dapat ditentukan melalui pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Keluhan batuk berkepanjangan disertai sesak napas dapat disebabkan gangguan pada paru-paru, jantung maupun saluran cerna, misalnya:

    Penyedotan cairan dari punggung kemungkinan merupakan tindakan medis yang disebut pungsi pleura yang bertujuan untuk mendiagnosis dan mengambil cairan dalam rongga pleura sebagai pengobatan. Pleura merupakan selaput pembungkus paru-paru yang terdiri dari 2 lapis. Diantara kedua lapis ini terdapat rongga pleura. Adanya cairan tidak normal dalam rongga tersebut kita kenal dengan sebutan efusi pleura. 

    Penyebab efusi pleura bermacam-macam, diantaranya pneumonia, tuberkulosis, maupun kanker paru-paru. Setelah dilakukan pengambilan cairan pleura, cairan tersebut diperiksa di lab untuk dianalisis sehingga dapat diketahui penyebabnya. Hasil akan dikonfirmasi dengan pemeriksaan lain seperti foto Roentgen dan tes darah. Pengobatan akan disesuaikan dengan penyebab efusi tersebut. Sebagai contoh, efusi pleura karena tuberkulosis harus diobati dengan obat antituberkulosis (OAT).

    Diskusikan dengan dokter mengenai penyakit yang dialami saudara Anda dan ikuti pengobatan dari dokter hingga tuntas.

    Diskusi pungsi pleura

    Semoga bermanfaat,

    dr.Mira