Tanya Dokter

  • Luka pada rahim akibat pemasangan IUD

  •  Mardiah
    Anggota

    sudah 2 bulan ini haid saya terus menerus tetapi cuman sedikit-sedikit darahnya, dan terkadang sering terasa nyeri pada rahim karna saya memakai IUD saya memeriksakan ke bidan dan bidan berkata IUD saya bagus hanya ada luka di pinggir rahim dan sudah di beri obat tetapi belum ada kemajuan,yang ingin saya tanyakan apa penyebabnya dari IUD atau dari yang lain? bidan bilang sih itu pengaruh kecapean dan suka mengangkat barang yang berat, apa betul dok? dan apa saran dari dokter untuk saya?

    Halo Ibu, Kapan pemasangan IUD Ibu? Pemakaian alat kontrasepsi dalam rahim (IUD) cukup digemari karena efektif, praktis. Efek samping yang umum terjadi adalah:

    • perubahan pada siklus haid, umumnya pada 3 bulan pertama setelah pemasangan dan akan berkurang kemudian
    • haid berlangsung lebih lama dan lebih banyak
    • spotting (flek) antarmenstruasi
    • saat haid lebih sakit
    Keadaan-keadaan lain yang dapat menyebabkan perdarahan terus-menerus berupa spotting adalah:
    • gangguan di indung telur
    • peradangan pada panggul, misalnya pada saluran telur, leher rahim, indung telur, vagina
    • gangguan pada rahim, misalnya polip, miom dan keganasan
    • stres dan aktivitas fisik yang berat
    • gangguan hormon tiroid
    Penanganan keluhan Ibu disesuaikan dengan penyebabnya, misalnya obat hormonal, antibiotik dan operasi atau penyesuaian alat kontrasepsi jika perlu. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan langsung ke dokter kandungan. Dokter akan menanyakan riwayat gejala, melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti tes darah dan USG jika perlu. Sebaiknya Anda cukup beristirahat, kurangi stres dan menjaga berat badan yang ideal. Memilih alat kontrasepsi Menstruasi tidak normal Semoga membantu, dr.Miranti Iskandar