Tanya Dokter

  • Tanda dan gejala penyakit kawasaki

  •  vianysarah
    Anggota
    Siang dok, saya ingin bertanya anak saya 2 minggu lalu demam 39°, bibirnya pecah dan juga dalam 1 haru bisa sampai 3 kali BAB, kulit kakinya pun terkelupas.. sekarang demam lagi 39° disertai batuk serak dan bengkak di leher sebelah kiri.. apakah anak saya terkena kawasaki dok?

    Halo vianysarah, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Demam pada anak dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab demam pada anak:

    1. Infeksi. Infeksi merupakan penyebab tersering demam pada anak. Infeksi yang menimbulkan gejala demam biasanya disebabkan oleh virus, bakteri, dan parasit. 
    2. Kondisi yang menyebabkan peradangan seperti penyakit Crohn, juvenile rheumatoid arthritis, termasuk di dalamnya penyakit Kawasaki
    3. Efek samping obat tertentu
    4. Keganasan atau kanker
    5. Demam paska pemberian vaksin
    6. Demam yang tidak diketahui penyebabnya (Fever of Unknown Origin - FUO)

     

    Melihat gejala-gejala yang anda sebutkan, demam yang terjadi pada anak anda memang mungkin disebabkan oleh penyakit Kawasaki. Penyakit kawasaki adalah suatu penyakit peradangan pada dinding pembuluh darah arteri di seluruh tubuh, namun paling sering mengenai pembuluh darah arteri koroner, yaitu pembuluh darah yang memperdarahi jantung.

    Penyakit kawasaki memiliki 3 fase:

    • Fase pertama, yang bisa terjadi hingga 7-14 hari setelah onset demam:
    1. demam tinggi hingga lebih dari 39 derajat celcius
    2. mata merah (konjungtivitis) tanpa kotoran mata
    3. bibir merah, kering, dan pecah-pecah dengan lidah merah dan bengkak
    4. kemerahan dan bengkak pada telapak tangan dan telapak kaki
    5. pembengkakkan pada kelenjar getah bening di leher dan bisa juga di tempat lainnya
    6. gangguan pada jantung (miokarditis dan perikarditis)
    7. rewel pada anak

     

    • Fase kedua, yang bisa terjadi dari minggu 1-2 hingga minggu ke 4-6 setelah onset demam:
    1. pengelupasan kulit di telapak tangan dan kaki, terutama di ujung-ujung jari
    2. mual dan muntah
    3. diare
    4. nyeri perut
    5. nyeri sendi

     

    • Fase ketiga, yang terjadi dari minggu ke 4-6 hingga 3 bulan setelah onset demam:

    Gejala-gejala biasanya mulai menghilang, dalam 1-2 bulan setelah onset demam dapat muncul Beau Lines (cekungan mendatar pada kuku). Gangguan pada jantung masih dapat terlihat. Kelainan yang ringan pada pembuluh darah jantung (aneurisma yang kecil) bisa membaik sendiri, namun pada aneurisma yang besar justru dapat semakin membesar hingga dapat terjadi kematian otot-otot jantung. Penyakit Kawasaki bisa jadi sangat berbahaya dan bahkan dapat menyebabkan kematian pada sebagian kecil anak yang menderita penyakit ini.

     

    Untuk dapat mengetahui lebih pasti penyebab gejala-gejala yang dialami oleh anak anda, sebaiknya anda segera membawa anak anda ke dokter anak. Dokter anak anda dapat melakukan beberapa pemeriksaan tertentu seperti pemeriksaan darah, pemeriksaan kencing, EKG atau rekam irama jantung, dan echocardiography atau USG jantung. Bila memang anak anda menderita penyakit Kawasaki, dokter dapat memberikan pengobatan seperti pemberian Gamma globulin dan aspirin dosis tinggi. Anak anda mungkin perlu dirawat di rumah sakit selama beberapa hari. Pemberian obat-obatan perlu dilanjutkan hingga beberapa minggu meskipun gejala-gejala sendiri sudah akan membaik dalam beberapa hari setelah diberikan terapi.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. irna cecilia