Tanya Dokter

  • Penyebab menstruasi tidak teratur

  • Dok...saya 26 tahu...sudah punya anak usia 3 tahun....selama setahun saya KB dan tdk dpt mens....1 th kemudian saya gk KB..tp ko gak mens jg...selama 1 tahun lebih.... Dan sekarang sudah 2 bln saya mens dg ...waktu yg tdk teratur ...3 banding 1...3 minggunya mens...1 minggu nya gk...selalu begitu?? Khwatir dok...mohon penjelasannya...trimakasih

    Hai, Salah satu efek samping KB suntik ialah perubahan kebiasaan haid, paling sering berupa terhentinya haid sama sekali. Perubahan kebiasaan haid dapat berlangsung selama masa pakai KB suntik dan dapat berlanjut hingga 3 bulan setelahnya. Pada beberapa kasus, perubahan kebiasaan haid dapat berlanjut hingga 1 tahun lamanya setelah pemakaian KB suntik. Menstruasi yang berlangsung lebih lama daripada biasanya bisa disebabkan oleh:

    Untuk mengetahui apakah terdapat kelainan yang telah disebutkan di atas, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter / Ahli Kandungan (Sp. OG). Mungkin diperlukan pemeriksaan darah dan USG untuk menunjang diagnosis. Menstruasi yang berlangsung lama umumnya tidak membahayakan, namun sedikit banyak berkaitan dengan gangguan kesuburan. Selain itu, apabila terus dibiarkan, dapat berakibat pada anemia / kekurangan darah beserta gejala-gejalanya. Tips berikut mungkin membantu:
    • Banyak makan buah dan sayuran
    • Konsumsi makanan berzat besi tinggi untuk mencegah anemia
    • Istirahat cukup setiap hari, tidur sekurangnya 7 jam sehari
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma