Tanya Dokter

  • Efek samping penggunaan krim wajah jangka panjang

  •  Siska Siska
    Anggota
    Assalamualiakum Selamat malam dok. Jadi gini saya dari umur 10 tahun sudah memakai salep seriti atau disebut salep walet untuk wajah. Sekarang usia saya 17 tahun ketika saya mencoba berhenti memakainya wajah saya jafi gatal2 dan merah. Apakah berarti salep tersebut berbahaya dok?
    Siska Siska  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Siska,

    Saya tidak akan membahas mengenai suatu produk secara khusus namun saya akan membahas mengenai keluhan Anda. Dikarenakan Anda sudah menggunakan suatu produk secara khusus dalam waktu yang lama dan timbul keluhan setelah menghentikanya secara mendadak maka keluhan Anda kemungkinan disebabkan oleh reaksi penyesuaian kulit atau akibat ketergantungan.

    Selain itu, keluhan tersebut juga dapat disebabkan oleh iritasi kulit atau reaksi alergi. Terkait hal ini, sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda kedokter spesialis kulit guna memastikan penyebab keluhan Anda dan mendapat penanganan yang sesuai dengan kondisi yang mendasari keluhan Anda.

    Selain penanganan dokter, Anda juga sebaiknya memperhatikan produk perawatan tubuh yang Anda gunakan guna menghindari berbagai keluhan yang dapat timbul dikemudian hari. Gunakanlah produk perawatan tubuh yang terdaftar di BPOM dan belilah produk tersebut pada distributor resmi. Anda juga sebaiknya memeriksakan tanggal kadaluarsa produk tersebut untuk mencegah iritasi pada kulit.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Budiono