Tanya Dokter

  • Saya atau suami yang 'bermasalah'?

  • Saya wanita berumur 22thn.. 5 thn yg lalu sya melahir kan anak pertama dgn suami yg prtama.. kemudian sya menikah dngan suami ke 2 sdh 3 thn.. tetapi blm ada tanda2 kehamilan.. Waktu awal2 menikah sya sempat mengikuti program KB suntik.. sekitar 6 bln.. stelah saya lepas KB smpai skrg blm ada tnda2 kehamilan.. padahal menstruasi saya lancar & tdk prnah merasakan sakit apa pun... kebetulan sya pernah cek sperma suami ketika selesai brhubungan trlihat encer skali sperti air kencing... yg jd prtanyaan sya dok.. apa kah saya atau suami yg brmasalah..sehingga kami sulit mendapat kan keturunan..?? Mohon penjelasan nya dok... Trim's..

    Halo, Untuk mengetahui dengan jelas mengenai masalah kesuburan sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter agar dapat dilakukan tes kesuburan. Klik tulisan biru di bawah ini untuk penjelasan lengkap mengenai tes kesuburan: Tes Kesuburan Dengan memeriksakan diri ke dokter maka dapat diketahui mengenai penyebab infertilitas tersebut sebab untuk mengetahui sel sperma yang sehat perlu dilakukan analisis sperma di laboratorium dan tidak dapat hanya berdasarkan pengamatan kasat mata saja. Penyebab infertilitas pada pria dapat dibaca di sini (klik tulisan biru) sedangkan penyebab infertilitas pada wanita dapat dibaca di sini (klik tulisan biru). Langkah mengatasi infertilitas dapat dibaca di sini (klik tulisan biru). Kiat untuk meningkatkan peluang terjadinya kehamilan :

    • Mengatur frekwensi hubungan intim (3-4x/minggu)
    • Berhubungan intim sekitar masa subur (Anda dapat menggunakan kalkulator masa subur ini atau dengan deteksi masa subur menggunakan ovu test yang dijual bebas di apotik)
    • Batasi konsumsi kafein
    • Olahraga teratur
    • Hindari stres berlebihan
    • Menerapkan pola hidup sehat dengan tidak merokok, pemilihan asupan makanan bernutrisi serta tidak konsumsi minuman keras
    Diskusi dengan topik yang sama dapat dibaca di sini (klik tulisan biru) Berikut saya cantumkan beberapa artikel yang sekiranya bermanfaat (klik tulisan biru untuk terhubung dengan artikel tersebut) : Proses Pembuahan Cara Cepat Hamil   Semoga berhasil, dr.Debby Phanggestu