Tanya Dokter

  • Pengaruh sakit perut sebelum menstruasi terhadap sulit hamil

  • Selamat sore dok.. Saya isidore dari sumatra selatan.. Saya mau tanya dok,slama ini siklus haid saya normal,hanya jika hendak datang bulan slalu nyeri di perut bagian bwah namun sudah tak sehebat saat saya masih gadis dulu... Saya sudah menikah 1,8 bulan,dan belum ada tanda2 kehamilan.. Nah dok yg mau saya tanya kan bagaimana cara mengetahui saya normal atau tidak,.. Karna saat saya periksa pada dokter kandungan menyatakan jika kandungan saya subur dan baik2 saja,tapi kenapa saya tidak kunjung hamil juga... Ada kan cara lain yg harus di tempuh slain pengobatan herbal jika saya ingin hamil dok..

    Hai Nyeri saat haid terutama pada wanita muda dapat normal terjadi, ini disebabkan oleh kontraksi rahim, respon peradangan dan hormonal. Nyeri biasanya berlangsung sekitar 1-2 hari dan berangsur berkurang. Berat ringannya nyeri dapat berbeda pada tiap wanita. Selama siklus haid Anda normal dan tidak disertai gejala lain seperti keputihan dan nyeri tidak berkepanjangan, kemungkinan adalah suatu nyeri haid normal dan bukan akibat suatu kelainan pada rahim atau indung telur yang disebut sebagai dismenore primer. Untuk melihat apakah adanya kelainan pada indung telur dan rahim, dapat melalui pemeriksaan USG, dari hasil pemeriksaan USG Anda menunjukan hasil yang normal. Informasi mengenai penyebab nyeri haid dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Penyebab nyeri haid yang tidak tertahankan. Pada perkawinan yang baru sekitar 1.8 bulan memang mungkin saja belum memiliki keturunan karena memang belum rejeki, Anda dapat tetap mencobanya dengan berhubungan secara rutin minimal 3 kali seminggu, dimana pada pasangan yang tidak ada gangguan kesuburan, 4 dari 5 wanita akan hamil pada 1-2 tahun pertama pernikahan. Bila lebih dari 2 tahun Anda tetap tidak hamil, Anda dapat memeriksakan kesuburan Anda dan suami Anda dengan cara yaitu:

    • Pada pria, dilakukan analisa sperma dan pemeriksaan hormonal
    • Pada wanita, dilakukan pemeriksaan USG untuk melihat adanya kelainan pada rahim dan indung telur, HSG (histerosalpingografi) untuk melihat apakah adanya sumbatan pada saluran indung telur, dan pemeriksaan hormonal.
    Informasi mengenai pemeriksaan kesuburan dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Mandul atau tidak? Pastikan dengan pemeriksaan kesuburan ini. Dan berikut tips dari alodokter.com untuk Anda agar cepat hamil: Tips jitu cara cepat hamil. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william